Jared Graves dari tim Yeti Fox memenangi etape 1 Enduro World Series seri 4 dengan keunggulan tipis ~ 0,217 detik ~ atas Nico Vouilloz (Lapierre). Jarak dengan pebalap tercepat ketiga ~ Jerome Clementz (Cannondale Overmountain Team) ~ juga tidak lebih dari 2 detik. Namun drama menyesakkan terjadi pada etape 2. Saat melewati trek berbatu Jared Graves mengalami masalah mekanis ~ rantai sepedanya tersangkut di swing arm, membuat sepedanya tidak bisa digowes. Nasib buruk Jared Graves itu diperparah dengan trek yang dilalui berikutnya merupakan 2 section yang membutuhkan gowesan sepeda dengan jarak cukup jauh dan merupakan climbing section. Jared Graves pun harus berlari untuk menyelesaikan etape tersebut dan kehilangan waktu lebih dari 3 menit.

Walau kesempatan untuk memenangkan Enduro World Series 2013 seri 4 nyaris tak ada, Jared Graves dengan ‘semangat enduro’nya tetap melanjutkan ikut serta di etape-etape berikutnya. Apalagi Colorado Trestle Bike Park berlokasi dekat dengan markas tim Yeti Fox. Jared Graves akhirnya menjadi yang tercepat di etape 4 dan etape 5.

Drama EWS 2013 seri 4 ini bukan hanya tersangkutnya rantai Jared Graves di hari pertama. Drama lebih dramatis lagi terjadi di hari ke-2 dengan turunnya hujan badai di hari itu yang mengakibatkan chair lifts tidak beroperasi, padahal titik start etape 3 & 4 berada di atas. Pebalap dipaksa menggowes sepedanya ke atas menuju tempat start etape 3 selama paling tidak 20 menit. Alhasil, karena keadaan tersebut akhirnya etape 4 dibatalkan dan etape 3 dipecah menjadi 2 etape, 3a dan 3b. Pada akhirnya etape 3b inilah yang disebut sebagai etape 4.

EWS 2013 Seri 4 Trestle Bike Park

Gangguan mekanis yang dialami Jared Graves akhirnya membawa Jerome Clementz kembali memenangkan EWS 2013 seri 4. Nico Vouilloz berada di tempat kedua disusul oleh Fabien Barrel dari tim Canyon Factory Enduro di tempat ketiga. Sementara itu Jared Graves yang menang di 3 etape seri 4 ini berhasil naik ke peringkat 25 di akhir lomba. Ia sempat berada di posisi ke-104 setelah 2 etape awal berlangsung. ‘Semangat enduro’ dari Jared Graves itulah yang membuat Enduro World Series semakin menarik dan diminati banyak pedalis.

Di kategori wanita, Tracy Moseley dari tim Trek Factory Racing mencatat 4 kemenangan dari 4 seri EWS 2013 yang telah berlangsung. Kecepatannya di enduro kategori wanita sampai saat ini belum ada yang dapat menandinginya. Tracy Moseley unggul atas Anne Caroline Chausson dari Ibis Team. Walau Anne Caroline Chausson memenangi 3 etape, tetapi total waktunya belum dapat mengalahkan catatan waktu T-Mo yang memenangi 2 etape lainnya. Etape 3 ~ etape paling teknikal, berlumpur dengan akar pohon bertebaran ~ menjadi kunci keunggulan T-Mo atas Anne Caroline. T-Mo unggul 38 detik, menjadikan T-Mo bisa lebih santai menghadapi tekanan Anne Caroline pada etape berikutnya. Di tempat ketiga Anneke Beerten masih tertinggal terlalu jauh dari Tracy Moseley.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments