pedalku.com – Bersepeda di Indonesia perlu berhati-hati. Soalnya harus berbagi dengan pengguna jalan lain, utamanya motor dan mobil. Bahkan meski sudah dibuatkan jalur khusus, tak jarang jalur itu justru dikangkangi pesepeda motor.

Namun pedalis jangan lantas putus asa. Tetaplah mengayuh pedal, entah ke kantor, touring, atau untuk menjaga kesehatan. Beberapa saran berikut bisa pedalis lakukan untuk membentuk iklim kondusif bagi pengguna jalan lain. Jika mereka ramah kepada kita, tentu efeknya kita pun nyaman dalam pergowesan.

  1. Tetap bersepeda di sisi kiri. Jika ada bahu jalan yang lebar, rata, dan aman gunakan itu. Tetap tenang meski di belakang ada sepeda motor yang mau menyalip. Posisi yang berubah-ubah menyulitkan pemotor untuk mendahului kita.
  2. Ketika bersepeda dengan seorang teman, melaju berjejeran hanya jika lalu lintas lengang atau tidak membuat gangguan ketika pengguna jalan lain ingin menyalip Anda.
  3. Jangan membuat gerakan yang berakibat motor atau mobil tidak bisa mendahului kita. Jika lampu lalu lintas menyala merah, tidak perlu memaksa untuk berhenti paling depan. Jika pedalis memaksa, awalnya pengguna jalan dapat memaklumi. Namun lama-lama mereka bisa mangkel juga.
  4. Bersepedalah dengan waspada. Perhatikan jalanan dan gunakan tanda-tanda tangan saat mau berbelok atau berubah jalur.
  5. Hindari jalanan yang sibuk. Pengendara mobil akan bertambah kewaspadaannya begitu melihat ada pedalis di sekitarnya. Carilah jalan lain yang tak terlalu ramai.
  6. Jangan memicu reaksi. Jangan bergerombol di depan mobil yang berhenti saat lampu merah atau mengalangi jalan mereka.
  7. Bersikaplah sopan. Persilahkan mobil menyalip jika pedalis  ingin melaju dengan lambat. Pengemudi itu bisa jadi akan terkesan dan lebih sopan jika bertemu dengan pesepeda yang ada di depan.
  8. Ikuti aturan lalu lintas. Jika pedalis mengabaikan aturan di jalan raya, pengendara kendaraan bermotor merasa benar untuk mengganggu dan bahkan dendam. Untuk memperoleh hormat, pedalis  perlu menunjukkan rasa hormat.

Pedalis mau menambahkan tips lainnya?

 

Ilustrasi merupakan karya MCAD Design Works untuk kampanye keamanan bersepeda di Minneapolis. Ilustrasi asli telah diubah sedemikian rupa agar sesuai aturan lalu lintas di Indonesia yaitu berjalan di sisi kiri. Penjelasan mengenai ilustrasi kampanye keamanan bersepeda di Minneapolis dapat dilihat di whoisgina.com

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments