Kang Bebe, pengelola La Saba ~ Akun Asosiasi Klithikan Onthelis Nusantara ~ yang juga sering menjadi juri kontes sepeda Onthel tingkat Nasional, sering memberikan tips mengenai sepeda di timeline Facebooknya. Berikut beberapa tips yang pedalku ambil dari halaman facebooknya kang Bebe.

Pedalku.com – Pedalis tahu minyak mesin SINGER? Pelumas ini sering terlihat di tukang jahit, karena kegunaannya untuk melumasi mesin jahit mereka. Konon, mesin jahit yang terkenal sejak dahulu kala ya mesin jahit SINGER itu. Apalagi bila dikombinasikan dengan minyak mesin dengan merk sama, mesin jahit pun lancar bekerja menjahit pakaian maupun celana pedalis.
Tak hanya untuk mesin jahit, pelumas SINGER ampuh juga untuk melumasi rantai sepeda. Walaupun sudah jarang dijumpai di warung-warung, namun karena banyak keunggulan yang dimiliki serta harganya cukup ekonomis, minyak pelumas SINGER ini sangat direkomendasikan.

Bila dilihat lebih jauh, sistem pelumasan memiliki beberapa fungsi dan tujuan, antara lain:

  1. Mengurangi gesekan serta mencegah keausan dan panas.Minyak pellumas akan membentuk suatu lapisan tipis (oil film) untuk mencegah kontak langsung permukaan yang bergesekekan. Biasanya san
    gat diperlukan bila yang bergesekan itu antara logamdengan logam.
  2. Sebagai media pendingin.Minyak pelumas menyerap panas dari bagian-bagian yang bergesekan dan kemudian membawa serta memindahkan panas yang dihasilkan dari gesekan itu ke sistem pendinginan.
  3. Sebagai bahan pembersih.Minyak pelumas akan mengeluarkan kotoran pada bagian-bagian mesin. Menurut ilmu otomotif, sepeda juga merupakan mesin, mesin dengan tenaga manusia sebagai penggeraknya.
  4. Mencegah karat pada bagian-bagian mesin.

Bagaimana cara melumasi rantai dengan baik?

Melumasi rantai yang baik adalah dengan cara melumasi di setiap sela pin dan cincin. Jadi bukan melumasi ke tengah ruas rantainya.

singer oil

 

Sekilas Tentang Kang Bebe

Kang Bebe ini sebetulnya memiliki nama asli Bambang Subarsa. Selain sebagai pengelola La Saba, kang Bebe juga dipercaya sebagai Direktur Teknik sepeda Onthel di komunitas KOSTI Pusat.

Kontributor Netfit.id

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai sports, lifestyle and happiness? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain.

Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

View all posts

6 comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments