pedalku.com – Mewujudkan kota cerdas saat ini tak hanya memasang koneksi internet di pelosok kota. Namun butuh ide yang orisinil dan pendekatan yang intuitif. Termasuk menggabungkan jalur sepeda ke dalam penataan kota.

Ide ini mungkin bisa diterapkan ke pengembang-pengembang perumahan di seputaran Jakarta atau malah di Jakartanya sendiri. Mengajak orang untuk memanfaatkan semaksimal mungkin transportasi hemat energi, yakni sepeda, sembari memanen listrik dari sumber yang terbarukan.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari integrasi panel sel surya ini di dalam penataan kota. Pemerintah (daerah) setidaknya bisa menerangi jalan-jalan di kotanya tanpa pusing pasokan listriknya. Sementara para pedalis dengan senang dan tenang mengayuh sepedanya menuju ke tempat aktivitasnya.

Ide ini sudah diimplementasikan di Korea Selatan. Sebuah kanopi yang menaungi jalur sepeda sejauh 20 mil (sekitar 32 km) antara Kota Daejon dan Sejong berdiri di antara dua lajur jalan raya yang penuh dengan lalu lalang kendaraan roda empat atau lebih.

Sebelumnya, di Krommenie, dekat Amsterdam, Belanda, telah dibuat sebuah proyek yang mirip di Korea Selatan tadi. Menggabungkan sel surya dan jalur sepeda. Hanya saja, di Krommenie sel surya dipasang di jalur sepedanya, bukan sebagai kanopi. Proyek yang diklaim menjadi yang pertama di dunia ini memasang sel surya pada sebuah beton konsentrat sepanjang 230 ft (sekitar 70 m).

Dibandingkan dengan dipasang di atas, sel surya di tanah ini kurang maksimal dalam mengolah sinar Matahari menjadi energi listrik. Hanya sekitar 30 persen dibandingkan dengan pemasangan sel surya konvensional (di atap rumah misalnya).

Akan tetapi, ide dari Krommenie itu memiliki banyak peluang untuk menyatukan dengan fungsi-fungsi lain. Dengan memasang beberapa sensor di permukaan jalan itu, akan diperoleh beberapa informasi penting seputar jalan itu yang bisa digunakan untuk mengambil kebijakan perihal manajemen lalu lintas. Atau bisa juga memungkinkan dipasangnya pemandu kendaraan secara otomatis.

Berikut video kanopi sel surya di Korea.

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments