Netfit.id – Jauh-jauh cuma lari 10K? Capek dandannya! Begitu rundungan yang aku terima saat ikut lomba lari yang jauh dari tempat tinggal dan hanya mengikuti 10K.

Geliat dunia lari memang akhirnya memunculkan semangat kompetitif dan banyak yang ingin menembus batas tubuh mereka. Lari marathon sudah menjadi target yang harus dipenuhi. Toh sebelum lomba lari mengenalkan jarak marathon penuh, dulu jarak 10K menjadi sesuatu yang wah. Ingat Borobudur 10K?

Namun, seperti yang dikatakan Coach Andriyanto dalam acara Media and Community Gathering One Run 10K di Cindaga Cafe fX Mall Sudirman, Jakarta.

“Jarak 10K sejatinya amat seksi dan menarik,” kata Coach Andri. Setidaknya ada enam hal yang mendukung hal itu. Pertama, latihan 10K sangat menantang tapi tak berlebihan dan melelahkan. Contohnya, long run dalam sistem latihan 10K berkisar antara 15-20K.

Kedua, hampir semua bisa finish 10K. Jarak 10K populer bagi pelari. Karenanya sangat jarang pelari tak finis dalam kategori ini, apalagi terkena hit the wall. Alhasil, mereka pun bisa finish dengan strong seperti jargon-jargon yang sering dilontarkan kepada mereka yang akan ikut lomba lari.

Ketiga, pemulihan badan dari lomba 10K tak terlalu lama. Pascalomba 10K tubuh memerlukan pemulihan sekitar enam hari. “Setelah itu kita sudah bisa berlatih secara normal kembali,” kata Coach Andri.

Keempat, bisa untuk memantau kemajuan kinerja kita. Waktu finish 10K bisa digunakan menyusun program latihan untuk jarak yang lebih panjang seperti half marathon atau full marathon. Sambil menyelam minum air, kata orang jadul.

Kelima, lomba yang singkat karena tak memakan waktu finish hingga berjam-jam. Bahkan bagi yang terlatih sudah biasa finis di bawah 60 menit atau bahkan di bawah 50 menit.

Terakhir, jika ingin membuktikan kelima hal tadi, silakan ikuti One Run 10K yang diselenggarakan oleh TV One dengan menggandeng Idea Run sebagai pengelola lomba larinya. Kapan acaranya? Habis Lebaran, 28 Mei 2023! Lomba ini akan mengambil tempat di seputaran Jalan HR Rasuna Said yang menjadi bagian dari Segitiga Emas Jakarta.

Buat pengejar cuan, lomba yang juga menyediakan kategori 5K ini akan mengganjar lima pemenang di tiap kategorinya yakni Open, Master 40-45 dan 45 ke atas, serta pelajar. Total hadiahnya Rp260 juta.

Berminat? Segera klik tautan berikut ini!

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments