Tidak hanya di sepakbola, di dunia persepedaan pun dikenal istilah sweeper. “Street sweeper is a person occupation or machine that cleans streets”. Kata orang sonoJadi, fungsi sweeper gampangnya adalah sebagai pembersih.

Dalam dunia sepakbola, sweeper adalah orang terakhir yang menghalau bola supaya tidak masuk ke gawang. Demikian juga di dunia persepedaan fungsi sweeper adalah menjaga setiap peserta rombongan supaya utuh dan selamat sampai tujuan.

Pada umumnya seorang sweeper selalu menempatkan dirinya di posisi paling akhir dalam rombongan dan selalu berkoordinasi dengan road captain (RC) untuk memastikan kelengkapan rombongan. Dengan adanya sweeper, rombongan akan dengan aman dan nyaman mengayuh pedal karena tidak takut kesasar, tidak takut tertinggal rombongan, dan jika mengalami kerusakan ada yang membantu memperbaiki.

Baik dalam perjalanan offroad maupun onroad selalu diperlukan I jika rombongan terdiri lebih dari tiga orang (terlebih jika kemampuan peserta tidak merata)

Tugas sweeper

  1. Berkoordinasi dengan RC untuk menjaga jarak antar-peserta.
  2. Memastikan seluruh peserta lengkap sampai tujuan.
  3. Jika perlu “mendorong” laju peserta supaya tidak tertinggal/tercecer dari rombongan.
  4. Melakukan perbaikan ringan jika ada peserta yg mengalami kerusakan.

Kompetensi Sweeper:

  1. Bisa bersepeda dengan baik dan benar.
  2. Mengetahui dan mengenal rute yang akan ditempuh.
  3. Mampu memperbaiki kerusakan ringan sepeda.
  4. Sabar.

Berminat menjadi sweeper?

Pedalone

Someone who use pedal to maintain his healthy and happiness. His moto is "Life is like riding a bicycle, to keep your balance you must keep moving" ~ Albert Einstein.

View all posts

1 comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments