Sepeda merupakan kendaraan yang diidam-idamkan sebagian besar anak-anak. Ketika mereka ditanya hadiah apa yang mereka inginkan pada hari ulang tahun. Sepeda merupakan jawaban teratas. Tetapi kita ingat bagaimana susahnya belajar mengendarai sepeda; jatuh, memar, menabrak pot, nyusruk ke got, kaki lecet dll.

Saat kita menjadi orang tua, jangan kita biarkan anak-anak kita mengalami hal-hal buruk yang terjadi di saat kita belajar sepeda dulu. Alih-alih membuat mereka suka bersepeda, yang ada mereka trauma melihat sepeda, jika kita salah mengajari mereka mengendarai sepeda.

Anak-2 dapat dilatih naik sepeda di usia berapapun, malah sebaiknya segera setelah anak dapat berjalan akan lebih baik jika dia langsung dikenalkan dengan sepeda roda tiga. Semakin muda usia belajar mengendarai sepeda semakin baik. Hal tersulit dalam bersepeda adalah bagaimana cara menyeimbangkan sepeda.

Sedini mungkin sebaiknya anak diperkenalkan dengan sepeda roda tiga, sehingga membiasakan mereka mengayuh pedal. Selanjutnya perkenalkan mereka dengan sepeda roda dua saat mereka menginjak umur 3-4 tahun, sebaiknya dipilih sepeda dengan diameter 12 inchi dengan ditambahkan roda tambahan.

Setelah anda memutuskan untuk mengajari anak anda menggunakan sepeda roda dua, berikut adalah beberapa tips untuk mengajari anak bersepeda dengan aman dan menyenangkan.

  1. Pilih tempat yang datar, rata dan luas serta aman untuk bersepeda, misalnya di taman atau pelataran parkir. CFD juga bisa menjadi salah satu alternatif.
  2. Gunakan sepeda roda dua dengan tambahan roda tambahan kiri dan kanan. Pastikan kaki anak menjejak tanah dan roda tambahan kokoh menopang sepeda. Usahakan anda juga bersepeda, sehingga mereka merasa aman dan ditemani. Hal ini untuk memupuk rasa percaya diri mereka.
  3. Berikan semangat dan dorongan supaya mereka tetap mengayuh. Jika perlu berikan sedikit dorongan secara fisik jika mereka terlihat tidak kuat mengayuh pedal.
  4. Ketika kayuhan pedal mereka sudah mulai stabil, angkat roda tambahan sehingga tidak menyentuh tanah sedikit demi sedikit. Pastikan roda tambahan kiri dan kanan sama tinggi angkatannya. Jangan pernah mengangkat hanya satu sisi roda tambahan, hal ini dapat menggangu keseimbangan.
  5. Dalam waktu 3-5 hari dipastikan roda tambahan sudah bisa dilepas tanpa anda harus bersusah-susah dan anak tidak perlu terjatuh dan terluka.

Selamat mencoba.(Pedalone)

Pedalone

Someone who use pedal to maintain his healthy and happiness. His moto is "Life is like riding a bicycle, to keep your balance you must keep moving" ~ Albert Einstein.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments