Fit

Mempertahankan Momentum: 1 Klik Turun, 2 Klik Naik

‘Hilang momentum’. Kata itu sering terdengar dari goweser saat kesulitan menghadapi tanjakan. Mereka merasa kehilangan momentum saat memindahkan gigi depan di tanjakan. Kebanyakan pilihan yang diambil tetap mempertahankan gigi depan yang ada sebelum menghadapi tanjakan. Pilihan lain: menurunkan gigi depan dan kehilangan kecepatan sejenak di tanjakan.

Jadi bagaimana mempertahankan momentum saat memindahkan gigi depan? Bila menguasai teknik shifting, momentum menggowes sebenarnya dapat dipertahankan.

Apa itu teknik shifting yang dimaksud?

momentum /mo•men•tum/ /moméntum/ n 1 saat yg tepat; 2 Fis besaran yg berkaitan dng benda yg besarnya sama dng hasil kali (darab) massa benda yg bergerak itu dan kecepatan geraknya; kuan-titas gerak; 3 kesempatan: kalau — besar spt ini tidak digunakan, alangkah sayangnya

Gigi depan mempunyai perbandingan jarak yang jauh. Contohnya pada crankset MTB triple chainring 22-32-44. Berbeda dengan perbandingan gigi belakang yang lebih rapat. Saat menurunkan gigi belakang dari 9 ke 8, putaran kaki pada crank (cadence) tidak berbeda jauh. Tetapi saat menurunkan gigi depan, putaran kaki langsung liar tak terkendali karena cadence menjadi cepat sekali. Kalau cadence tidak dapat mengimbangi, hasilnya kecepatan akan turun jauh.

Untuk menghindari hal tersebut, turunkan gigi depan dengan diimbangi menaikkan gigi belakang sebanyak 2 klik. 1 klik turun gigi depan, 2 klik menaikkan gigi belakang disaat yang bersamaan. Biasakanlah melakukan pemindahan gigi depan berbarengan dengan memindahkan gigi belakang. Kalau menaikkan gigi depan, berarti gigi belakang diturunkan 2 klik.

Gear Ratio

Gear Ratio

Mengapa hal tersebut dapat mempertahankan momentum, dapat dilihat dari tabel gear ratio di atas. Saat menggunakan gigi 2 untuk depan dan gigi belakang 7, gear ratio adalah 1,33. Bila gigi depan diturunkan tanpa mengubah gigi belakang, gear ratio menjadi 0,92. Perbedaan ini akan mengakibatkan cadence tinggi. Jadi carilah gear ratio yang mendekati.

Sudah lebih jelas mengapa saat memindahkan gigi depan sebaiknya diikuti dengan pemindahan gigi belakang? Nah agar lebih jelas, sebaiknya dipraktekkan saja langsung menggunakan sepeda. Selamat berlatih!

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

2 Comments

Komentar Kamu