Kegiatan bersepeda, apalagi sepeda jarak jauh, rentan dengan kecelakaan. Menjaga keseimbangan adalah hal utama yang harus dipegang pedalis. Ketika keseimbangan pergi dan kaki belum menapak ke tanah, jatuh hanyalah konsekuensi. Luka adalah penanda untuk senantiasa berhati-hati dan selalu sigap.

Namun jangan lantas mengutuk penyebab kecelakaan atau meratap karna tak sigap. Luka atau ruam akibat kecelakaan bukan akhir segala-galanya. Itu hal yang lumrah. Kulit berdarah akibat tergerus permukaan tanah yang keras. Luka baret ini bisa saja dalam dan merusak pembuluh darah, yang mengeluarkan cairan dan darah.

Berikut ini enam langkah yang harus pedalis lakukan begitu mendapat kecelakaan.

  1. Dengan cepat mencari tempat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan memberikan disinfektan pada luka tersebut. Rasa sakit akan berkurang jika pedalis melakukan hal ini dalam jangka waktu 30 menit sejak terjatuh sebab ujung-ujung saraf masih mati rasa karena trauma.
  2. Untuk mencegah infeksi dan membentuk jaringan parut, gosok luka dengan kain lap atau sikat bulu yang halus. Gunakan sabun antibakteri dalam jumlah yang banyak seperti Betadine.
  3. Keringkan luka, lalu oleskan salep antibakteri yang banyak dijual di apotek atau toko obat.
  4. Tutup luka yang sudah dibersihkan dengan pembalut atau perban yang steril. Untuk mencegah terlepas akibat bergesekan dengan pakaian, tutup perban dengan kain kassa.
  5. Ganti perban setiap pagi dan malam. Oleskan lagi salep antibakteri sebelum menutup luka, dan periksa tanda-tanda infeksi: rasa sakit, kulit merah bengkak, sensasi rasa panas. Jika pedalis mendeteksi salah satu tanda-tanda tersebut, konsultasikanlah dengan dokter.
  6. Untuk meminimalkan parut, jaga luka tetap lembab sehingga kudis yang keras tidak terbentuk. Ketika kulit baru tumbuh, oleskan salep Saratoga dan perban tipis. Salep yang berbahan baku seng-oksida mencegah luka menjadi koreng. Kemudian gunakan pelembab di kulit baru setidaknya selama seminggu.

So, jangan resah dan malu jika jatuh saat  bersepeda. (1000 Tips Bersepeda)

Generik

Always curious about bike and the philosophy of cycling.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments