Atherton bersaudara (Athertons) menguasai seri 1 World Cup Downhill di Fort Williams, Skotlandia, 10 Juni 2013. Gee Atherton menjadi tercepat di kategori pria sementara adiknya Rachel Atherton menguasai kategori wanita. Saat tampil di Fort William,  Athertons dari GT Factory Racing menggunakan salah satu jajaran terbaru GT 2014, GT Fury 2014~ yang diperkenalkan secara resmi ke publik pada hari itu juga.

GT Fury 2014 menggunakan frame dari aluminium, tidak seperti pendahulunya yang menggunakan karbon. Walau menggunakan aluminium, GT Fury 2014 leih ringan dari GT Fury 2013 yang berbahan karbon. Dikembangkan sejak Athertons dan Marc Beaumont bergabung dengan GT Bicycles, geometri GT Fury jauh berubah dari sebelumnya; top tube lebih panjang, posisi bottom bracket lebih rendah dan menggunakan Angle Optimized Independent Drivetrain Suspension system (AOS).

GT Fury 2014

Angle Optimized Independent Drivetrain Suspension system (AOS) ~ penyempurnaan dari I-Drive system, menggunakan high pivot point dan menempatkan bottom bracket bukan pada segitiga depan frame seperti yang terlihat pada kebanyakan sepeda. Penyempurnaan AOS membuat segitiga belakang (chainstay) lebih ringan dan kuat, selain itu menghilangkan efek tertariknya rantai yang sering terjadi pada high pivot saat ban belakang mengenai gundukan pada trek.

Setelah GT Fury, GT Bicycles rencananya pada 18 Juni 2013 akan merilis 2 jajaran baru ~ GT Force (travel 150 mm/ all mountain) dan GT Sensor (travel 130 mm/ trail). Berbeda dengan GT Fury yang masih menggunakan ban ukuran 26″, GT Force dan GT Sensor mengikuti tren mountain bike saat ini yaitu ban ukuran 650B.  Geometri serta sistem suspensi belakang juga berubah total seperti GT Fury ~ top tube lebih panjang, posisi bottom bracket lebih rendah dan menggunakan AOS.  “Untuk sepeda 650B kami tidak ingin menunggu beberapa tahun seperti 29 inch, jadi kami membuat 3 sepeda untuk menemukan geometri yang cocok,” ujar Peter Denk, bagian litbang GT Bicycles.

GT Force 2014 - Geometri

[youtube id=”GDQPRFsnrmE” width=”620″ height=”360″]

Walau masih menggunakan ban 26″, GT Fury saat ini sedang dikembangkan pula untuk menggunakan ban 650B. Akankah GT Fury semakin cepat saat menggunakan 650B?

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments