Fit

Kabel Shifter Dan Kabel Rem, Serupa Tapi Tak Sama

“Beda gak sih kabel rem sama kabel shifter?” Begitu pertanyaan yang sering muncul tentang kabel shifter dan kabel rem. Secara kasat mata memang tak tampak perbedaannya, tapi bila diteliti lebih jauh lagi ada perbedaan mendasar antara kabel shifter dan kabel rem.

Walau secara fisik mirip-mirip, ternyata kabel rem lebih besar dibanding kabel shifter. Tidak percaya? Silahkan sandingkan isi kabel rem dengan kabel shifter, sangat terlihat perbedaannya kan? Kabel rem memiliki diameter lebih besar ~ kabel rem tidak bisa menggunakan kabel luar atau housing kabel shifter, akan seret pastinya. “Oh… begitu. Jadi kalau shifter bisa pakai housing kabel rem dong, biar lebih smooth saat mindah gigi! Kan lebih gede lubangnya”

Hmm…..  secara logika diameter kabel sih pasti bisa dan benar shifting akan lebih enteng, tapi bukan masalah diameter saja yang membedakan kabel shifter dengan kabel rem. Struktur pembuatan kabel shifter dan kabel rem juga membedakan keduanya ~ membuat fungsi keduanya tidak bisa ditukar!

Kabel shifter ~ yang bagus tentunya, memiliki 4 lapisan:

  1. Lapisan paling dalam atau liner terbuat dari polymer, meminimalkan daya gesek sehingga saat memindahkan gigi terasa ringan dan smooth.
  2. Lapisan kedua terdiri dari beberapa untaian kawat baja memanjang yang diplintir untuk mendapatkan fleksibilitas dan kekuatan. Lapisan inilah yang membedakan kabel shifter dengan kabel rem. Jagwire ~ pembuat kabel shifter dan kabel rem terkemuka, menggunakan 19 kawat baja untuk lapisan kedua ini. 7 kawat baja sebagai intinya, sedangkan 12 untai kawat baja disusun seperti spiral.
  3. Lapisan ketiga terbuat dari polymer juga untuk menstabilkan untaian kawat baja pada lapisan kedua.
  4. Lapisan terakhir atau lapisan paling luar, kebanyakan terbuat dari plastik. Beberapa produsen menggunakan anyaman baja untuk mempercantik tampilan luar kabel.

Struktur kabel shifter

Kabel rem hanya memiliki 3 lapisan, lapisan paling dalam dan terakhir sama seperti kabel shifter. Sedangkan lapisan kedua terbuat dari lempengan besi atau baja yang dipilin sedemikian rupa membungkus lapisan pertama. Bentuknya menyerupai per spiral tetapi lebih rapat. Struktur seperti itu mengakomodir tarikan yang kuat pada kabel rem.
Struktur kabel rem

Nah sudah jelaskan perbedaan kabel shifter dan kabel rem? Jangan ditukar penggunaannya ya dan jangan lupa untuk memilih kabel shifter yang baik, yang memiliki lapisan polymer di dalamnya.

 

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu