Fit

Tanpa Alat, Lakukan Perawatan Kabel Shifter Sendiri

Seiring dengan pemakaian, kabel shifter juga memerlukan perawatan. Perawatan kabel shifter itu untuk menjaga kelancaran dan smoothnya perpindahan gigi rear derailleur (RD). Setiap berapa lama pedalis perlu melakukan perawatan kabel shifter? Itu semua tergantung  trek yang dilalui. Semakin sering pedalis melalui jalur berdebu, terkena air hujan atau bahkan melalui trek offroad berlumpur ~ semakin seringlah melakukan perawatan kabel shifter.

Apa tanda-tandanya kabel shifter perlu segera dibedah atau bahkan diganti? Yang pertama tentu dapat dilihat secara fisik, kabel shifter mengalami cacat seperti tertekuk, baik kabel luarnya maupun kabel bagian dalam. Bila seperti itu kondisinya segera ganti kabel shifter pedalis, bagian luar maupun bagian dalamnya.

Petunjuk lain secara fisik yaitu terlihat tumpukan debu di kabel bagian dalam, dekat dengan RD. Tanda-tanda lainnya adalah saat dioperasikan terasa lebih berat dari seharusnya dan perpindahan gigi RD tidak lancar walau sudah dilakukan penyettingan RD. Untuk kedua kondisi tersebut tidak perlu dilakukan penggantian tetapi pedalis perlu melakukan perawatan kabel shifter dengan cara membersihkan dan melumasi kabel shifter bagian dalam.

Bagaimana cara melakukan perawatan kabel shifter? Berikut tips yang dapat dilakukan sendiri oleh pedalis tanpa perlu membawa sepeda ke bengkel langganan. Pedalis pun hanya memerlukan kain lap pembersih serta grease atau gemuk ~ tak perlu menyiapkan peralatan khusus seperti kunci allen.

Langkah-langkah untuk melakukan perawatan kabel shifter tanpa peralatan khusus dan tidak perlu melepas kabel shifter dari RD:

  1. Pindahkan RD ke gigi 1/ gigi sprocket paling besar ~ (panduan ini menggunakan RD normal, bukan RD  yang rapid rise).
  2. Setelah itu klik shifter seolah-olah pedalis ingin memindahkan RD ke gigi 9/10/11 tanpa memutar roda atau crank. Jangan lupa ya RODA/ CRANK JANGAN DIPUTAR!
  3. Maksud dari langkah nomor 2 tadi adalah untuk mengendurkan kabel shifter. Terlihatkan kabel shifter kendur sekali hingga pedalis bisa melepaskan kabel shifter bagian luar dari dudukannya di chainstay/ seatstay frame.
  4. Setelah kabel shifter terlepas dari dudukannya, bersihkan kabel bagian dalam menggunakan kain pembersih. Bila noda membandel, gunakan cairan pembersih terlebih dahulu. Setelah itu beri pelumas/ grease tipis saja.
  5. Pasang kembali kabel shifter ke dudukannya di frame.
  6. Setel kembali RD agar perpindahan gigi lancar ~ 1 klik shifter, RD harus pindah 1 gigi .

Mudahkan? Cobalah dan jangan lupa lakukan perawatan kabel shifter tanpa menunggu seret saat memindahkan RD.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu