Bersepeda dalam rombongan tidak lebih mudah dari bersepeda sendirian. Walau tenaga akan lebih hemat tetapi banyak faktor lain yang harus diperhatikan saat bersepeda dalam rombongan. Hal-hal apa saja yang perlu mendapat perhatian lebih saat bersepeda dalam rombongan? Tentu hal ini kaitannya dengan bersepeda sebagai aktivitas ‘santai’ bukan bersepeda pada suatu perlombaan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Hindari gerakan tiba-tiba. Bersepeda dalam rombongan dengan jarak yang cukup rapat tidak menyisakan ruang untuk melakukan manuver-manuver secara mendadak. Bila gerakan ke kiri-kanan serta pengereman dilakukan secara mendadak, niscaya pedalis lain yang berada di samping atau di belakang akan menabrak. Saat terjadi benturan, efek domino kerap terjadi. Dengan kecepatan ‘hanya’ 25 kpj saja bisa mengakibatkan cedera serius, bayangkan apa yang terjadi saat kecepatan lebih tinggi ~ seperti yang kerap terjadi di rombongan besar/ peloton Tour de France.
  2. Saat akan melakukan gowesan sambil berdiri di tanjakan, tambah kecepatan terlebih dahulu untuk membuka jarak dengan pedalis yang berada di belakang. Perlu diingat bahwa pada awal melakukan gowesan sambil berdiri, kecepatan akan berkurang. Bila tidak membuka jarak, dikhawatirkan pedalis yang berada di belakang tidak menyadari situasi dan ban depannya menyenggol ban belakang, sepeda menjadi oleng dan mungkin saja terjatuh.
  3. Bagi pedalis yang berada di belakang saat berada di tanjakan, selalu menjaga jarak dan waspada. Antisipasi kemungkinan pedalis yang di depan melakukan gowesan sambil berdiri.
  4. Melihat jalan berlubang? Beri tanda ke rombongan di belakang pedalis untuk menghindari kecelakaan. Tanda yang diberikan bisa dengan menunjuk lubang yang dimaksud. Bila pedalis terpaksa masuk ke dalam lubang tersebut, lakukan dengan hati-hati dan tidak mengurangi kecepatan secara drastis dan tiba-tiba.
  5. Pelajari gerak-gerik rekan dalam satu rombongan. Hal itu berguna untuk mengantisipasi kebiasaan yang dapat membahayakan perjalanan.

Selain 5 tips di atas, masih ada 1 hal utama yang perlu selalu melekat di pikiran pedalis ~ tak perlu terlalu memaksa diri untuk tetap berada di dalam rombongan! Ingatlah selalu aktivitas bersepeda yang dilakukan adalah untuk kesehatan dan refreshing. Dengarkan dan sadari saat tubuh memberi alarm bahaya, jangan sampai membuat keluarga di rumah menangisi pedalis.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments