Fit

Usapan Tepat Atasi Masalah Nyeri Otot

Pedalis mengalami nyeri otot atau otot kaku setelah bersepeda? Nyeri otot itu dapat terjadi karena berbagai sebab dan tentu dapat diatasi dengan penanganan yang tepat. Salah satu penanganannya adalah dengan melakukan pemijatan pada otot kaki ~ bisa diserahkan ke ahlinya atau dapat dilakukan sendiri oleh pedalis.

Bagaimana bila pedalis ingin melakukan pemijatan otot kaki sendiri? Berikut contekan yang bisa dilakukan pedalis untuk melakukan pemijatan sendiri. Siapkan dulu minyak urut, creme atau lainnya. Mulailah dengan duduk di atas tikar atau semacamnya, dapat juga duduk di ujung kursi. Kemudian lakukan beberapa gerakan berikut :

  1. Tahap pemanasan. Seperti aktivitas olah otot lainnya, kondisikan dulu otot yang akan diurut agar tidak kaget menerima beban yang tiba-tiba. Letakan tangan pada paha dan gosokan tangan ke atas dan ke bawah paha berulang-ulang dan cepat agar otot paha menjadi hangat. Lakukan selama ±1 menit untuk hamstring dan quadriceps. Setelah itu usap-usapkan tangan pada area sekitar lutut dan tidak lupa kaki bagian bawah
  2. Stretch. Setelah pemanasan, lakukan stretching dengan duduk satu kaki dibengkokkan sedikit agar otot terasa rileks. Pegang quadriceps dengan kedua tangan. Usap quadriceps dengan gerakan tangan kiri mengusap ke kiri dan tangan kanan mengusap ke kanan. Lakukan beberapa menit pada quadriceps, hamstring, dan betis kedua kaki pedalis.
  3. Flush. Setelah tahap stretching, pedalis mulai masuk ke tahap flush. Gunakan minyak urut yang sudah disiapakan tadi. Usap pada quadriceps dan mulailah melakukan pemijatan dari arah dengkul ke pinggang. Tak perlu ditekan terlalu keras. Setelah beberapa menit, gerakan tadi dibalik. Pijat dari arah atas/ pinggang ke dengkul dengan tekanan yang lebih kuat dari sebelumnya. Setelah itu lakukan gerakan tadi ~ dari bawah ke atas kemudian dari atas ke bawah ~ pada hamstring, betis dan kaki yang satu lagi.

quads-glutes-hamstrings-calves

Gampang kan? Nah kalau pedalis sudah mahir melakukan pemijatan sendiri, siapa tahu malah pedalis punya kerja sampingan jadi tukang urut atlit sepeda 🙂

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu