Saat gelaran Bikenation lalu, Dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM menjelaskan mengenai cycling medicine yang sangat berguna bagi pedalis untuk menambah pengetahuan mengenai bersepeda. Pada bagian pertama, pedalku telah menyampaikan mengenai manfaat bersepeda, bagian kedua ini menjelaskan anatomi tubuh yang menggerakkan pedal saat bersepeda.

Saat pedalis duduk di atas sadle sepeda ~ tangan memegang handle bar dan kaki mengayuh pedal agar sepeda bergerak maju ke depan ~ otot tubuh yang dominan bekerja adalah tungkai kaki, terutama quadriceps (otot paha bagian depan). Sementara itu otot pantat, otot betis dan otot paha belakang (hamstring) bertugas membantu otot quadriceps mengayuh pedal.

The Cyclist's Muscles

Tak hanya itu otot-otot yang bekerja saat bersepeda. Otot punggung, otot bahu dan lengan serta otot tangan merupakan otot-otot yang bertugas pada posisi duduk. Saat pedalis duduk dengan benar di atas sadle dan mengayuh pedal, distribusi berat badan bagian bawah dengan berat badan bagian atas adalah 55:45.

Bagaimana pembagian tugas otot-otot tersebut saat mengayuh pedal?

Saat pedalis mengayuh dengan santai, otot yang bekerja dominan adalah otot pantat dan otot quadriceps. Bila pedalis mengayuh dengan kecepatan tinggi, otot betis dan otot hamstring membantu otot pantat dan otot quadriceps.

Leg Muscles Use In The Cycling Pedal Stroke - hubpages.com

Mengayuh pedal sambil berdiri di atas sepeda lain lagi. Mengayuh sambil berdiri akan semakin banyak otot yang bekerja ~ tidak hanya otot bagian bawah tubuh. Melewati tanjakan berat ataupun melakukan sprint, kedua tangan yang memegang handle bar akan secara aktif membantu kayuhan saat pedalis mengayun-ayun tubuh ke kiri dan ke kanan. Sementara itu saat melalui medan offroad sambil berdiri, otot bagian atas membantu menstabilkan sepeda.

Itulah mengapa mengayuh pedal sambil berdiri lebih banyak menguras tenaga dibandingkan saat mengayuh sambil duduk di atas sadle. Dari penjelasan mengenai anatomi tubuh saat bersepeda, semakin jelas pula mengapa lebih sering paha bagian depan yang terkena serangan kram ~ karena memang itulah otot dominan yang digunakan untuk mengayuh pedal. Dan… bila teknik mengayuh dilakukan dengan benar, tidak membuat betis besar kan?

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

1 comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments