Fit

V-Brake apa Canti?

pedalku.com – Selain rem cakram, pedalis pasti mengenal jenis rem lain. Umumnya yang dipakai adalah V-Brake dan Cantilever. Nah, belum lama ini teman Matdengkul bertanya, mana yang lebih bagus?

Yang jelas untuk cantilever harus ada mekanisme penahan tarikan di framenya. Makanya, jika tidak ada ya tidak bisa pakai cantilever. Sebaliknya, frame khusus canti masih bisa menggunakan rem V-Brake.

Sekarang ini kebanyakan menggunakan V-Brake. Alasan utama yang melatari maraknya penggunaan itu adalah V-Brake memberikan pengereman yang lebih aman. Soalnya ia lebih kuat mengerem dibandingkan canti. Mengapa lebih kuat?

Oke, mari kita lihat gambar kedua sistem rem tersebut.

Dari gambar di bawah, terlihat bahwa jarak dari posisi rem ke kampas rem untuk kedua sistem ini sama (A). Hal yang membuat V-Brake lebih kuat adalah lengan momen lebih panjang (B) dibandingkan dengan sistem rem canti (C).

canti dan v-brake

Tentu pedalis masih ingat dengan pelajaran Fisika di bangku sekolah soal tuas pengungkit. Untuk menggulingkan batu besar menggunakan batang kayu dengan sebuah titik tumpu, tenaga yang pedalis keluarkan akan semakin sedikit jika lengan momen lebih panjang. Lengan momen itu adalah jarak dari titik penumpu ke ujung batang yang akan dikenakan gaya.

Nah, jika diaplikasikan pada rem sepeda, maka untuk menghasilkan gaya yang besarnya sama pedalis hanya membutuhkan tekanan yang ringan pada rem V-Brake dibandingkan rem canti.

Foto: bike-components.de

About Author

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

Komentar Kamu