Fit

Gowes Bali – Jakarta Demi Patriotisme dan Isu Lingkungan Hidup

Pedalku.com – Enam pedalis dari Bali, Kamis (20/11/2014)  mulai melakukan misi gowes Bali – Jakarta yang terbagi dalam delapan etape. Rombongan ini dilepas oleh beberapa komunitas sepeda di Bali pagi tadi di Patung Catur Muka, yang menjadi salah satu ikon di Denpasar.  Gowes Denpasar – Jakarta ini menjadi salah satu kegiatan yang digagas oleh Samas, Sekretariat Sepeda Bersama Bali.

Ada banyak misi yang dibawa oleh para pedalis ini. Mulai dari menebarkan patriotisme, isu lingkungan hidup, hingga menjalin silaturahmi antar pedalis daerah yang nanti akan dilewati oleh rombongan kecil.  Endra Datta, ketua harian Samas menjelaskan bahwa isu lingkungan Bali yang ingin dibawa para pedalis ke Jakarta adalah soal Reklamasi Teluk Benoa. “Ini sebenarnya isu lingkungan tetapi dibawa ke ranah politik,” jelas Endra ketika dihubungi oleh koresponden Pedalku.com.

Selain misi di atas, Endra juga ingin menunjukkan bahwa pedalis di Bali bisa melakukan perjalanan jauh dengan sepeda. “Selama ini, Bali kan sering menjadi tempat finish para petouring sepeda. Kini gantian teman-teman dari Bali yang akan unjuk gigi melakukan gowes jarak jauh.”

Apalagi, lanjut Endra, banyak pedalis Bali yang sudah biasa touring sepeda. Seperti Made Gede Sugiartha alias Dekotel yang menjadi Road Captain touring Denpasar – Jakarta ini pernah menjadi salah satu peserta Jelajah Sepeda Kompas Bali – Komodo. Sementara Dwi Puspa adalah salah satu marshal Srikandi B2W dan Yusron sudah terbiasa melakukan touring sepeda di wilayah Indonesia Timur. Menurut Endra, hanya dua orang peserta yang ‘jam terbang’ gowesnya belum tinggi.

Etape  ini mereka gowes dari Denpasar – Watudodol yang jaraknya 143 km. Mereka gowes tanpa kendaraan support. “Mereka memang gowes mandiri.” Lantaran ini adalah hajatan lintas komunitas sepeda, mudah-mudahan banyak komunitas daerah yang dilalui bisa membantu akomodasi para pedalis yang membawa banyak misi ini.

Meski gowes mandiri, menurut Endra, kegiatan ini juga banyak mendapat bantuan dari komunitas sepeda, pemerintah maupun pihak sponsor. “Kalau toh mereka keluar uang hanya untuk tiket pulang Jakarta – Denpasar.”

8 etape Gowes Denpasar – Jakarta :

Etape 1 : Denpasar – Watu Dodol (143 km)

Etape 2 : Watu Dodol – Probolinggo (187 km))

Etape 3 : Probolinggi – Tuban ( 184 km)

Etape 4 : Tuban – Kudus (154))

Etape 5 : Kudus – Pekalongan (162)

Etape 6 : Pekalongan – Cirebon (142)

Etape 7 : Cirebon – Bandung (130)

Etape 8 : Bandung – Jakarta (152)

 

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu