Fit

Utak-atik Perbandingan Gigi Sepeda

Pedalku.com – Pedalis suka utak-atik groupset sepeda kesayangan? Upgrade dari 21 speed menjadi 24, 27 bahkan 30 speed? Bila mengejar kecepatan maksimum atau enteng tidaknya saat menghadapi tanjakan, sebaiknya tips dari Kang Bebe ini bisa menjadi masukan. Siapa tahu pedalis tidak perlu melakukan upgrade besar-besaran yang tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Dari halaman facebooknya, Kang Bebe memberikan tabel yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya perbandingan gigi dan jangkauan sepeda saat menggunakan kombinasi gigi tertentu.

Tabel pertama berisi besarnya perbandingan gigi untuk groupset 21 speed (3 x 7 speed). Perbandingan gigi ini dihasilkan dari pembagian jumlah gigi pada chainring dengan jumlah gigi sprocket. Misalnya chainring yang digunakan adalah yang paling kecil (22 teeth) sedangkan sprocket berada di sprocket yang paling besar diameternya (30 teeth). Perbandingan gigi untuk kombinasi itu adalah 0,73.

rasio gigi 27 speed

Tabel kedua yang diberikan Kang Bebe adalah tabel mengenai jangkauan roda setiap satu putaran penuh. Angka yang didapat merupakan hasil perhitungan perbandingan gigi dikalikan dengan panjang keliling roda. Panjang keliling roda yang dijadikan acuan adalah 200 cm.

Jangkauan Roda 27 speed

Dari dua tabel itu, semakin rendah perbandingan gigi maka kayuhan akan terasa lebih enteng. Kombinasi chainring 22 dengan sprocket 30, lebih ringan dari 22 – 13. Tetapi semakin rendah perbandingan gigi, daya jangkau setiap kayuhannya menjadi semakin pendek.

Selain itu saat kombinasi chainring dan sprocket berbeda, tetapi perbandingan giginya sama, maka berat/ringannya kayuhan serta daya jangkau roda tetap sama.

Nah…. dari tabel yang diberikan itu, Kang Bebe menyarankan pedalis untuk memperhatikan dengan seksama agar tidak mudah gonta-ganti groupset ~ terutama bagi yang suka utak-atik cassette sprocket atau chainring. Dengan sedikit rekayasa, kemampuan groupset 21 speed dapat mendekati kemampuan groupset 30 speed sekalipun.

 

Kang Bebe, pengelola La Saba ~ Akun Asosiasi Klithikan Onthelis Nusantara ~ yang juga sering menjadi juri kontes sepeda Onthel tingkat Nasional, sering memberikan tips mengenai sepeda di timeline Facebooknya. Tips ini merupakan salah satu tips yang diambil dari halaman facebook Kang Bebe.

About Author

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai keindahan negeri kita? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain. Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

1 Comment

  1. Kalo upgrade crank itu bebas atau sesuai merk shifter? Misal shifter tourney apakah bisa pakai crank set alivio atau altus atau bahkan deore? Mohon infonya om

Komentar Kamu