Fit

Amankan RD Dengan Shifting Yang Benar

Pedalku.com – “Kalau di tanjakan jangan oper gigi!” Begitu seru seorang ayah kepada anaknya. Sang Ayah terlihat kesal begitu mengetahui rear end ~ anting dudukan RD (rear derailleur) ~ sepeda anaknya patah. Sang anak yang sudah masuk bangku kuliah itu pun tertunduk lesu. Anting sepeda sang anak patah saat keduanya melahap tanjakan panjang di selatan kota Bandung, Jawa Barat.

Kejadian anting atau RD patah saat berada di tanjakan bukan sekali – dua kali kita dengar. RD sekelas Shimano XT pun pernah patah saat salah satu rekan pedalku.com melahap tanjakan puncak, Bogor.

Kejadian patah anting atau RD itu sebenarnya dapat dihindari bila pedalis lebih smooth saat mengganti gigi. Ya….., teknik shifting yang benar perlu dipelajari untuk mengurangi risiko rantai putus atau bahkan RD patah. Tak hanya kapan waktu yang tepat memindahkan gigi, tetapi kayuhan perlu diatur juga saat melakukan shifting.

Hal-hal apa yang perlu diperhatikan saat melakukan shifting? Berikut pedalku rangkum dari pengalaman maupun dari sharing dengan pedalis lain yang malang-melintang di kejuaraan sepeda:

  1. Pindahkan gigi sesaat sebelum pedalis benar-benar membutuhkan gigi lain.
  2. Lakukan perpindahan gigi saat kaki berada di posisi paling lemah ~ lebih dikenal dengan dead spot. Yaitu saat posisi kaki pedalis berada di jam 12 dan jam 6.
  3. Saat gigi belum pindah sempurna, jangan mengumbar tenaga. Itulah guna dari point no 1.
  4. Peka terhadap sesuatu yang tidak normal, misalnya rantai terlepas dari chain ring atau gear sprocket. Saat ada yang menghambat gerakan rantai, segeralah berhenti untuk mengecek apa yang menghambat pergerakan itu. Saat rantai tersangkut sesuatu, pedalis jangan malah mengumbar tenaga.

Nah, setelah tahu hal-hal yang perlu diperhatikan saat shifting, saatnya pedalis berlatih kapan saat yang tepat melakukan perpindahan gigi. Jangan lupa latih juga kepekaan kaki terhadap hal-hal yang abnormal mengayuh.

Kalau kata Frankie Andreu, mantan kapten tim U.S. Postal Service Cycling Team, “Antisipasi merupakan kunci shifting yang benar.”

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

4 Comments

  1. Wah!!! mas, berguna banget terimakasih. Sebelumnya aku juga pernah patah kayak gitu, spekulasi pertama kirain kesalahan dalam penyetelan RD ternyata setelah baca ini ternyata penyebabnya keteledoran aku sendiri.
    Aku subcribe deh blog agan.

Komentar Kamu