Pedalku.com – Walau tampak crowded, car free day (CFD), masih mempunyai daya tarik tersendiri bagi penggemar sepeda di kota besar, terutama Jakarta. Ruang gerak yang terbatas di daerah pemukiman padat menjadi salah satu alasan pedalis tetap mengarahkan sepedanya ke CFD. Menikmati ‘kebebasan’ sesaat di tengah kota yang biasanya hiruk-pikuk.

Namun bagi penggemar sepeda langka, ada alasan tersendiri untuk mengunjungi CFD setiap minggunya. Mereka berbondong-bondong ke CFD untuk berburu part lawas dan langka.

Jalan Sumenep menjadi salah satu spot menarik untuk berburu part lawas dan langka. Salah satu ruas jalan penyangga CFD Sudirman-Thamrin itu dipenuhi lapak-lapak part dan asesoris sepeda. Yang menarik, tak sedikit lapak-lapak itu dimiliki oleh penggemar sepeda juga. Membuat pedalis yang sedang berburu part, benar-benar bisa bertukar pikiran mengenai part sepeda atau bahkan mungkin malah diajak touring bersama.

Kebersamaan itu memang terasa beda saat berburu part ke sesama penggemar sepeda. Tak hanya kebersamaan penjual dengan pembeli, antar penjual pun terjalin erat kebersamaan itu. Bahkan bila pedalis beruntung, pedalis bisa bertemu dan berbincang dengan petouring-petouring handal yang kerap kali menjelajah Indonesia bahkan dunia seperti om Budi Contador.

“Kalau salah satu dari kita sedang touring, biasanya kita titip lapak ke yang lain. Mereka biasanya parkir sepeda di lapak kita, jadi tidak ada yang menggunakan lapak kita,” kata mas Chris dari Kompas Gramedia Cyclist sambil menunjuk ke arah tante Nita dan om Frans yang sering terlihat bersama komunitas Bikepe’a. Mereka bertiga memang sebagian penggemar sepeda yang membuka lapak di jalan Sumenep.

Bila pedalis dari arah bunderan HI menuju Sudirman, jalan Sumenep berada di sebelah kiri. Setelah kedutaan Jerman, ada jalan ‘kembar’ di kiri, Sumenep – Purworejo, yang dipisahkan oleh taman di tengahnya.

Lapak-lapak di jalan Sumenep itu biasanya mulai digelar dari jam 6 hingga 10:30. Selama 4,5 jam itu jalan Sumenep tak pernah sepi. Rombongan pesepeda bergantian memenuhi jalan Sumenep.

IMG_20150405_093218

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments