pedalku.com – Dalam rangka menyatukan Nusantara dengan bersepeda, harian Kompas menyelenggarakan Jelajah Sepeda Kompas. Kali ini rute yang disusuri adalah Banjarmasin – Balikpapan di Bumi Borneo. Ini merupakan jelajah sepeda ke-7 setelah sebelumnya Kompas mengadakan Jelajah Sepeda Manado – Makasar (2014), Jelajah Sepeda Sabang – Padang (2013), Jelajah Sepeda Bali – P. Komodo (2012), Jelajah Sepeda Jakarta – Palembang (2011), Jelajah Sepeda Surabaya – Jakarta (2010), dan Jelajah Sepeda Anyer – Panarukan (2008).

Jelajah Sepeda Banjarmasin – Balikpapan (JSBB) akan dimulai dari tanggal 4 – 10 Mei 2015 dan menempuh perjalanan sejauh 610 km yang terbagi dalam tujuh etape. Etape pertama adalah Banjarmasin – Rantau (118,14 km), etape ke-2 Rantau – Tanjung (119,41 km), etape ke-3 Tanjung – Batu Kajang (112,97 km), etape ke-4 Batu Kajang – Grogot (70 km), etape ke-5 Grogot – Waru (122,76 km), etape ke-6 Waru – Balikpapan (35 km) dan ditutup dengan bersepeda keliling kota Balikpapan pada hari Minggu, 10 Mei 2015.

Sore ini 50 peserta yang terdiri atas berbagai komunitas sepeda di Tanah Air dan pemenang undian Kompas Bike melakukan soft opening di Menara Pandang, sebuah ikon baru Kota Banjarmasin.

Menara Pandang Sungai Martapura diresmikan 16 Juni 2014 oleh Walikota Banjarmasin H. Muhidin. Menara pandang ini terlihat jelas dari samping Sungai Martapura. Anda bisa masuk ke dalam menara dan menikmati pemandangan sungai serta Kota Banjarmasin.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin dan wakil Walikota Banjarmasin, ada klinik pelatihan oleh Marta Mufreni yang sudah terlibat di Kompas Jelajah Sepeda sejak awal sebagai Road Captain (RC). Materi utamanya adalah posisi bersepeda yang baik. Terutama untuk jarak jauh sehingga badan tidak capai.

Gubernur Kaltim dalam sambutannya menyatakan bahwa dulu komunitas sepeda di Kalsel bergabung ke Komite Sepeda Indonesia (KSI). Sekarang komunitas itu bertambah banyak dan mereka jalan sendiri-sendiri. Gubernur juga berharap dengan adanya jelajah ini daerahnya diangkat dan lebih terekspos ke dunia luar sehingga banyak turis datang ke Kalsel, khususnya Banjarmasin.

Setelah acara setting sepeda di Menara Pandang ini, peserta akan “pemanasan” menuju ke penginapan di Hotel Aston, yang berjarak sekitar 12 km. Sekitar 300 pedalis dari berbagai komunitas di Banjarmasin akan mengiringi peserta.

Besok pagi peserta Jelajah Sepeda Banjarmasin – Balikpapan akan memulai etape pertama dan menurut rencana akan dilepas oleh  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Ja’far.

Selamat menggowes pedalis yang beruntung!

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments