Pedalku.com – Kegembiraan peleton Jelajah Sepeda Papua (JSP) yang akan memulai Etape I Sarmi-Bonggo (123 kilometer) berbaur dengan rintik hujan. Para peserta mempersiapkan peralatan untuk menggowes di bawah hujan yang turun sejak malam hari. Sebagian menggunakan jas hujan berbagai rupa, namun selebihnya membiarkan jersey merahnya tanpa pelindung hujan. Setelah sarapan di Hotel Rivior, pukul 07.00 WIT mereka bergerak ke Lapangan Merdeka untuk start etape hari pertama yang akan dilepas oleh pejabat daerah setempat pada pukul 08.00 WIT.

Sensasi sudah dimulai sejak malam hari ketika SMS dan sekarang WhatsApp menyapa mereka dari panitia untuk mengingatkan peserta. “Jersey peserta warna merah yg ada gb besar ekor burung, marshal warna lain ya…selamat istirahat…salam gowes” demikian akhir sapaan khas panitia setelah mengingatkan agenda hari ini.

Sebanyak 48 peserta JSP akan ditemani 12 penggowes dari Jayapura Cycling Club yang akan mengikuti perjalanan peleton JSP hingga Jayapura sejauh 400 kilometer dalam 3 etape.

Seperti biasa, menjelang start para peserta sumringah mengambil foto bersama. Bahkan kebanyakan peserta pun bergaya selfie bareng seperti anak remaja. Teriakan-teriakan khas Jelajah Kompas pun berulang terdengar. “Siap…siaap… !!”

Namun demikian, sinyal yang lemah sepertinya akan menghalangi mereka untuk sering-sering update status. Menurut pantauan pedalku.com, sinyal akan bagus lagi di Bonggo atau setiba mereka di finis Etape I.

"Abah" Agus Hermawan

Lebih dikenal dengan panggilan Abah USH, Agus Hermawan (++ Follow Me at Instagram - @abah_ush) yang lama menjadi jurnalis Kompas (1989-2019) adalah seorang penggiat luar ruang. Kesukannya mendaki gunung sejak muda, menjadikan olah tubuh sebagai kebutuhannya. Bersepeda dan lari menjadi pilihan kesenangannya mengisi hari. Sejumlah maraton sudah diselesaikannya, termasuk world majors marathon (WMM) Tokyo Marathon, Berlin Marathon dan Chicago Marathon.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments