pedalku.com – Setelah rambu jalur alternatif buat pedalis, Yogyakarta kembali berinovasi dengan membuat bangjo khusus sepeda. Seperti dikutip dari Tribun Jogja, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto, menuturkan bahwa rencana pembuatan rambu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) ini bertujuan untuk memfasilitasi pengendara sepeda agar lebih aman berkendara.

Selama ini rambu lalu lintas antara sepeda dan kendaraan bermotor lainnya menjadi satu. Hal ini bisa berbahaya mengingat kecepatan sepeda sangat berbeda jauh dengan sepeda motor atau kendaraan bermotor lainnya.

Dalam rambu APILL yang baru ini, akan ada penambahan lampu jalan untuk sepeda, yang diberi simbol sepeda. Nantinya lampu hijau untuk sepeda akan menyala beberapa detik sebelum lampu hijau kendaraan bermotor. Rencananya rambu khusus ini akan tersedia mulai bulan Oktober 2015.

Rambu khusus sepeda ini akan ditempatkan di jalan strategis, seperti di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Senopati, dan Jalan Sultan Agung.

Pemerhati dan aktivis sepeda Yogya, Yoan Vallone, menyambut baik rencana penambahan rambu khusus pesepeda. Selama ini, masalah pesepeda di jalan salah satunya ketika pesepeda serba salah ketika berhenti di lampu merah, karena tak ada pembedaan antara rambu pesepeda dan kendaraan bermotor.

“Di sini bukan berbicara komunitas pesepeda saja, karena banyak sekali masyarakat yang masih menggunakan sepeda sebagai basis transportasi mereka. Seperti tukang becak, pedagang keliling, maupun pekerja, semuanya masih menggunakan sepeda,” ujar Yoan.

Nah, Yogyakarta sudah memulai memperhatikan pesepeda. Bagaimana dengan kota-kota lain?

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments