pedalku.com – Etape kedua Jelajah Sepeda Flores adalah menuju Riung. Peserta akan menginap di Pulau Rutong.

Pulau Rutong juga menyimpan pesona dengan pemandangan pasir putihnya yang indah dan berhasil menjadi daya tarik wisata daerah Riung, Flores.

Kondisi perairan di sekitar Pulau Rutong pun sangat jernih sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni tampak terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Air laut di sekitar Pulau Rutong yang berwarna hijau toska seakan memberi sebuah sinyal bagi para pengunjung untuk segera berenang atau melakukan kegiatan snorkeling di kawasan ini.

Di Pulau Rutong, wisatawan juga dapat mendaki ke atas bukit yang berada di daratan Pulau Rutong. Dari atas bukit ini dapat terlihat pemandangan cantik dari keseluruhan Pulau Rutong yang dikelilingi pasir putih dengan gradasi biru yang sangat elok. (Indonesia Kaya)

Berhubung mengejar penyeberangan ke Pulau Rutong pukul 17.00 WIT, maka makan siang yang direncanakan di km 70-an dimajukan di km 45. Lokasi tepatnya di Desa Tanali, Wawaria, Ende, Flores, NTT.

Menuju titik makan siang (maksi) ini jalanan didominasi turun dari start di Kelimutu. Tapi cuacanya panas.

etape 2 jalanan
Cuaca panas mengiringi turunan di etape kedua JSF.

“Tak ada pohon besar yang memayungi jalanan. Kebanyakan pohon jambu monyet,” kata salah seorang peserta.

Berhubung makan siang tak direncanakan, maka para peserta pun makan siang ngampar di bawah pohon jambu monyet. Untung monyetnya hanya embel-embel nama pohon sehingga kenikmatan para peserta menyantap makan siang dalam nasi kotak tidak terganggu.

(Baca juga: Menjadi Saksi Sawitisasi Aceh Barat)

Iseng-iseng pedalku mengintip apa sih menu makan siang kali ini? Selain nasi, ada ayam goreng, tempe tahu dikecapin, dan sayur.

“Sayurnya kayak acar gitu. Wortel, timun.Eh, emang acar kali ya?” kata Om Fami, pedalis yang jadi marshal ini.

Toh menurut beberapa peserta menu kali ini enak.

Berita “enaknya” lagi, habis makan siang ini seluruh peserta akan dievakuasi menuju ke titik penyeberangan ke Pulau Rutong.

Hmmm … dengan perut sudah terisi, tinggal duduk dan …. selamat tinggal panas. Da..da….monyet, eh pohon jambu monyet.

etape 2 jsf
Ngadem di bawah pohon.

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments