Fit

Alasan Kenapa Wajib Menguatkan Otot Perut

netfit.id – Program latihan yang di-share Healty Lifestyle Coach, Hendri Pardede di Instagram selalu menarik untuk disimak, dan tentu dipraktikan. Salah satunya postingan sepekan lalu soal latihan menguatkan otot perut lewat cara sederhana dengan mengangkat tubuh dengan kaki lurus ke depan dengan tumpuan tangan.

Banyak manfaat bagi tubuh ketika kita rutin melatih otot perut. Salah satu yang disampaikan oleh Coach Hendri adalah membantu pernapasan,  yang tentu ini sangat berpengaruh dengan peningkatan performa lari, karena  oksigen yang masuk ke paru-paru jadi maksimal. 

Dan ada satu hal yang penting bila kita rajin melatih otot perut. Latihan ini juga sangat baik untuk mengurangi masalah back pain yang kerap dialami kaum urban yang banyak menghabiskan waktu hariannya dengan duduk di depan komputer atau meeting secara marathon, baik tatap muka atau hanya via online.

Sebenarnya banyak gerakan untuk melatih otot perut selain yang dicontohkan Coach Hendri di atas. 

Salah satu yang cukup favorit adalah abdominal crunch, gerakan dengan posisi badan terlentang dengan kaki diletakkan di atas kursi.

Latihan penguatan otot perut ini dengan gerakan badan diangkat ke atas hingga posisi seperti orang duduk dengan tangan di belakang sebagai penyangga kepala.

Ingin tantangan lebih besar lagi, coba saja latihan abdominal twist. Posisi badan dan kaki tetap sama.  Hanya kali ini, posisi kaki mengantung tanpa bantuan kursi. Gerakan ini dengan memutar bahu ke kanan dan ke kiri.  Secara bersaman kaki digerakkan maju mundur.

Man and woman training together at the gym
Abdominal twist crunch

Latihan elevate leg raises juga bisa dicoba. Meski terlihat sederhana tapi gerakan ini cukup menguras tenaga.

Posisi badan terlentang dengan kepala terangkat ke atas. Gerakannya, mengangkat kedua kaki ke atas sampai membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh kita. 

Masih banyak gerakan-gerakan untuk melatih otot perut yang bisa dilakukan di rumah dengan bantuan alat-alat yang ada. Salah satunya, latihan  plank yang banyak dijadikan challenge bagi pelari.

Nah, khusus untuk plank ini, akan ada artikel yang membongkar rahasia di balik latihan favorit banyak pelari ini.

Nah, yang harus menjadi catatan penting, kenapa kita wajib melatih otot perut ini yang juga disebut otot inti ini?

Rupanya  selain yang disebutkan Coach Hendri di atas yakni untuk meningkatkan V02Max  dan mengurangi masalah back pain ada manfaat yang juga tak kalah pentingnya bila kita rutin melatih otot perut. 

Gerakan Jadi Lincah

Kekuatan otot perut memegang peran besar  kekuatan tubuh, karena kekuatan otot perut juga sangat memengaruhi bagian tubuh lainnya seperti pinggul, dan dada.

Bila bagian-bagian tubuh tersebut terlatih, maka bukan hanya kekuatan saja yang didapat, tetapi yang juga tak kalah penting adalah membuat badan kita stabil, seimbang, dan sangat mudah untuk mengimbangi bila kita dituntut bergerak cepat.

Membentuk Tubuh Ideal

Otot perut yang terlatih membuat postur tubuh pun menjadi ideal. Kita pun bisa mengucapkan bey..bey… perut buncit, pinggul besar, serta dada yang berlemak. Postur tubuh pun tampak ideal dan jadi idaman.

Perut six pack? Ya tentunya, karena itu menjadi bonus latihan otot perut yang dilakukan rutin dan tentu terprogram.

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu