Fit

Manglayang Trail Running 2021 Ingin Berdayakan Ekonomi Lokal

Netfit.id – Meski penyebaran virus Corona di Indonesia hingga awal tahun 2021 masih masif, tak menyurutkan niat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad dan Yayasan Palawa Indonesia (YPI) untuk melakukan Soft Launching Unpad Manglayang Trail Running (MTR) 2021Mereka sangat menaruh harapan dan optimisme, gelaran trail run ini akan terselenggara sesuai dengan rencana yakni pada 27 Juni 2021 mendatang.

MTR merupakan kegiatan YPI yang sukses digelar di tahun 2015 dan 2016. Banyak pihak yang menilai medan MTR sangat menantang. Kontur dan karakter jalur gunung yang posisinya persis di belakang Kampus Unpad Jatinangor ini cukup teknikal. Medan ini juga menjadi tempat latihan anggota Palawa atau Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Unpad. 

Jalur lari lomba akan mengambil lintasan start dari Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Bagi pelari yang mengambil rute Marathon dan Half Marathon, akan mendapat suguhan trek menanjak hingga ketinggian 1.818 mdpl. Ingin merangkul semua segmen pelari – baik pemula maupun profesional – MTR menyiapkan multikategori mulai 42K, 21K, 10K, dan 5K. Kategori terakhir ini dikemas juga dalam paket keluarga yang diharapkan jadi ajang rekreasi keluarga.

MTR diharapkan bukan hanya sebagai event lari semata, Panitia sengaja mengkonsep acara ini punya banyak nilai tambah, mulai dari konsep less waste, peduli lingkungan hidup, pesan pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi lokal, hingga sport tourism.

Sejak awal digelar, MTR selalu mengagendakan program penanaman pohon. Di MTR 2021 ini, direncanakan akan menanam pohon sebanyak 2.000, sesuai dengan jumlah kuota peserta.

Konsep pemberdayaan ekonomi lokal juga akan diagendakan. Warga bukan hanya sebagai penonton saja, tetapi ikut terlibat dan ada ekonomi yang terangkat dengan kegiatan tersebut. Contoh pemberdayaan ekonomi lokal ini seperti penyediaan penginapan, kuliner, serta produk-produk lokal.

Lantaran konsep MTR 2021 yang baik, IKA Unpad pun sangat mensupport kegiatan ini. “Kami dari IKA Unpad akan maksimal mendukung terlaksananya kegiatan ini sehingga dapat menjadi daya dorong penyelenggaraan kegiatan kami lainnya,” ujar Irawati Hermawan, Ketua Umum IKA Unpad periode 2020 – 2025. 

Meski saat ini masih dalam masa pandemi, Juston Pangaribuan, Ketua Panitia Unpad MTR 2021 yakin kegiatan ini akan mendapat respon positif dari peserta.  “Kami memantau ketat dinamika yang ada. Karena itu kami mengantisipasinya dengan menyelenggarakan kegiatan dalam dua platform yaitu race dan virtual run,” ujarnya.

Ya, di saat situasi yang perubahan begitu cepat memang harus banyak strategi. Idearun yang digandeng panitia untuk mengeksekusi acara ini akan menerapkan standar tinggi pada pelaksanaan race terutama pada penerapan standar Protokol Kesehatan. 

“Bulan lalu, tim kami sudah berlari mendaki sampai puncak tertinggi Gunung Manglayang, dan senang sekali dengan jalurnya. Mudah-mudahan para pelari akan lebih happy nanti, dengan upaya kami mengelola fasilitas di lintasan,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun.

Bersamaan dengan acara Soft Launching Unpad Manglayang Trail Running (MTR) 2021 juga digelar talkshow seputar sport tourism yang menghadirkan Adriansyah Chaniago, seorang pelari trail, pelari ultra, serta penamat Six Stars World Marathon Majors. 

Di acara yang dipandu oleh Agus Hermawan ini, Bang Aad, begitu pria ini disapa berbagi pandangan dan pengalamannya selama mengikuti race trail run di luar negeri yang mampu menggerakkan ekonomi lokal.

About Author

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Bahkan kegiatan itu kerap dituangkan dalam tulisan. entah dalam blog pribadi, sosmed maupun website, Tujuan utamanya sebagai domumentasi saja, syukur-sukur bisa menginspirasi. Salam sehat.

Komentar Kamu