Fit

Westlake Ultra 24 Hours, Unik dan Jadi Solusi Lari Ultra di Masa Pandemi

Netfit.id, Jogjakarta – Banyak yang istimewa dari penyelenggaraan Westlake Ultra 24 Hours (WU 24 Hours) 9-10 April 2021 ini. Race ultra marathon biasanya mewajibkan peserta menempuh jarak di atas marathon penuh (42,195 km), tapi di WU 24 Hours ini membaginya berdasarkan waktu. Peserta bisa memilih berlari 12 jam atau 24 jam.

Tak hanya itu, rute race yang akan digelar di The Westlake Resort yang terletak di Jalan Ringroad Barat Bedog, Baturan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta ini mengelilingi danau di Westlake Resort yang jaraknya 750 m untuk satu putaran. Jadi peserta WU 24 Hours bukan hanya ditantang ketahanan berlari 24 jam atau 12 jam sesuai pilihan, tetapi yang lebih berat adalah melawan kebosanan.

Bisa jadi konsep yang ditawarkan oleh Unicone, penyelenggara WU 24 Hours ini yang paling tepat untuk penyelenggaraan race lari ultra. Selain memberi tantangan melawan kebosanan yang luar biasa kepada para peserta, race ini juga jadi “solusi”  tetap bisa menggelar lomba lari di masa pandemi. 

Dengan mengusung konsep lari di area terbatas, dalam hal ini di lingkungan Westlake Resort, para peserta WU 24 Hours lebih terproteksi dari penyebaran virus korona dibanding harus berlari di jalan umum.

Apalagi race ini juga membatasi jumlah peserta, yakni hanya 100 orang dan semua peserta maupun panitia wajib menunjukkan surat bebas virus Covid-19 yang ditunjukkan pada saat pengambilan race pack, Jumat (9/4/2021).

Meski hanya ada dua kategori pilihan waktu lari, panitia tetap membagi masing-masing kategori dengan 24 jam open male, 24 jam open female, 24 jam senior male, 24 jam senior female. Sementara untuk kategori 12 jam juga terbagi dalam kelas 12 jam open male, 12 jam open female, 12 jam senior male, 12 jam senior female.

Untuk kategori 24 jam akan start Jumat, (9/4), pukul 17:00 WIB, sementara untuk kategori 12 Hours, menyusul start pada Sabtu (10/4), pukul 05:00 WIB. Semua peserta akan finish, Sabtu (10/4) pukul 17:00 WIB

Penilaian lomba lari ultra ini berdasarkan jarak tempuh yang akan diperoleh masing-masing peserta. Peserta yang memperoleh jarak terjauh akan mendapatkan voucher dan merchandise dari sponsor yang akan dilaksanakan pada acara gala dinner yang pada Sabtu (10/4) malam. 

Lantaran race ini juga mengusung charity, maka setiap peserta juga diwajibkan mengumpulkan donasi yang jumlahnya tidak ditentukan hingga sebulan setelah pelaksanaan lomba.

Semua peserta akan mendapatkan full support selama lomba. Ada satu water station dan refreshment di titik start/finish. Di tempat itu juga ada tim medis dan fisio yang siap melayani peserta.

Untuk keterangan lebih jauh bisa diakses di www.westlakeultra.com. Siapa bilang tak bisa ikut race ultra marathon di masa pandemi ini?

About Author

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Aktivitas ini sering dituangkan dalam tulisan, foto, video di sosial media, wesbite atau untuk kebutuhan cetak. Tujuan utamanya, hanya sebagai dokumentasi, agar terekam jejak digitalnya. Syukur-syukur bisa menjadi inspirasi atau malah bisa berbagi keberkahan. Salam Sehat.

Komentar Kamu