netfit.id – Entah gowes rekreasi atau kompetisi, kondisi ngebonk tentu tak kita harapkan. Ngebonk ini merujuk ke istilah bonking, yakni kondisi kelelahan hingga merasa lemas saat berolahraga akibat berkurangnya karbohidrat di dalam tubuh yang diperlukan sebagai bahan bakar ketika berolahraga. Sehingga tak jarang tubuh “mogok” tak mampu melanjutkan gerakan, bahkan bila dipaksakan dapat mengakibatkan cedera parah pada otot.

Yang jadi masalah, terkadang kita abai dengan kondisi ini karena beberapa hal. Seperti mengejar waktu, takut ketinggalan rombongan, atau tidak bertemu dengan warung. Saat seperti inilah kita perlu mengonsumsi energy bar. Bentuknya yang mungil namun penuh nutrisi yang diperlukan tubuh sehingga efektif dan efisien mengatasi gejala ngebonk.

Menurut Emilia Achmadi, seorang sport nutritionist, saat ini pengetahuan masyarakat akan pentingnya berolahraga belum sejalan dengan pengertian pentingnya sport nutrition atau nutrisi olahraga. “Benar bahwa olahraga dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh kita. Namun harus diingat, bahwa olahraga harus dilakukan dengan baik dan benar. Yaitu porsi olahraga yang sesuai dengan kemampuan diri, tetap taat prokes, serta jangan lupa, asupan nutrisinya harus benar. Jika asupannya tidak benar, bukan saja tidak memberi hasil yang diharapkan, justru bisa menyebabkan cedera.”

Nutrisi olahraga berbeda dengan nutrisi sehari-hari karena bertujuan untuk mendukung performa olahraga secara khusus sehingga memiliki komposisi dan anjuran waktu konsumsi yang khusus. “Sport Nutritions ini bagaikan bahan bakar mobil balap. Mobil balap tentu memerlukan jenis bahan bakar yang berbeda dari mobil biasa. Bahan bakar yang tidak tepat tidak bisa mendukung performa optimal, bahkan bisa merusak komponen mobil,” jelas Emilia lebih lanjut.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, perusahaan lokal Strive meluncurkan Strive Energy Gel, terutama untuk olahraga endurance atau ketahanan. Ini merupakan sebuah produk energy gel pertama yang diproduksi oleh perusahaan lokal. Untuk saat ini baru tersedia rasa nanas.

Edo Bawono, selaku founder Strive, menceritakan bagaimana ia mencetuskan produk nutrisi sport ini. “Semua bermula dari pengalaman pribadi kami. Di mana kami begitu passion berolahraga, tetapi merasa kesulitan mencari sport nutrition berkualitas saat kami bersepeda jarak jauh. Dimulai dari produk energy bar, kini kami hadir menawarkan produk energy gel pertama buatan Indonesia – dengan bahan dan formulasi yang khusus dibuat sesuai dengan sport enthusiast di Indonesia,” tutur Edo.

Dalam hal kandungan nutrisi, Strive Energy Gel tidak kalah dengan merek luar, dan yang lebih penting sesuai untuk konsumen Indonesia. “Dulu saya suka eneg saat mengkonsumsi energy gel dalam keadaan perut kosong, tapi sejak konsumsi Strive Energy Gel tidak masalah lagi. Ternyata itu karena ada kandungan jahenya,” jelas Chaidir Akbar, seorang atlet ultra marathon dan Ironman, sekaligus pendiri Triathlon Buddies dan endurance coach ini berbagi cerita.

Selain ekstrak jahe, Strive Energy Gel juga mengandung unsur Vitamin B Complex (Vit B1, B6) yang mempercepat proses pembentukan energi secara konsisten, lalu ada asam amino agar tubuh tidak mengambil cadangan asam amino dari otot, ekstrak kurma sebagai sumber carbo dan gula alami untuk energi yang tahan lama, guarana yang merupakan kafein alami, serta aman bagi jantung, dan perpaduan elektrolit untuk mencegah keram otot.

Chaidir Akbar

Manfaat maksimal Strive Energy Gel akan terasa jika dikonsumsi sebelum dan saat berolahraga. Konsumsi satu sachet Strive Energy Gel, 15-30 menit sebelum dimulai. Lebih baik jika tetap mengisi perut dengan makanan padat mudah cerna seperti Strive Energy Bar.

Untuk asupan saat berolahraga, konsumsi satu sachet Strive Energy Gel untuk setiap 30-45 waktu tambahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan stamina tidak menurun. Sebaiknya, tetap jaga hidrasi tubuh dengan minum secukupnya.

“Terasa sekali performa dan stamina saya meningkat saat konsumsi Strive Energy Gel sebagai pelengkap Strive Energy Bar yang sudah saya konsumsi secara teratur sebelumnya. Saya konsumsi Strive sport nutrition sebelum dan saat sedang berlatih, terasa punya energi lebih banyak dan lebih kuat, juga tidak terlalu lelah setelah berolahraga,” ujar M. Fadli, atlet peraih medali emas pada cabang balap sepeda Asian Para Games 2018 ini menceritakan pengalamannya mengonsumsi Strive sejak 2018.

Nah, buat netfitzen yang suka berolahraga, baik rekreasi maupun kompetisi, jangan lupa buat memperhatikan nutrisi saat berolahraga ini. Olahraga kan maunya sehat yang didapat. Bukan cedera yang bikin hari-hari merana.

Kontributor Netfit.id

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai sports, lifestyle and happiness? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain.

Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments