pedalku.com – Di pasaran pedalis bisa menemukan banyak pelek dengan beragam jumlah lubang untuk jari-jari. Tentu ada maksud dari pabrikan membuat jumlah lubang jari-jari sepeda berbeda meski ukuran pelek sama. Banyaknya jari-jari ini berkaitan dengan berat badan pedalis, medan yang pedalis lalui, juga jenis sepeda yang pedalis pakai.

Saat ini jumlah jari-jari sepeda yang lebih sedikit dengan profil pelek yang dalam lebih tahan dibandingkan pendahulunya. Perkembangan teknologi material dan juga teknologi pembuatan telah meningkatkan kekuatan pelek tanpa menambah bobot.

Tabel berikut bisa menjadi acuan pedalis untuk memilih pelek untuk sepeda jalan raya yang sesuai. Jumlah lubang mengindikasikan per satu pelek.:

Berat badan di bawah rata-rata (di bawah 59 kg)

Jalanan kasar dan berbatu Jalanan cukup mulus Jalanan mulus
Loaded Touring 32 atau lebih 32 atau lebih 32
Touring / Sport riding 32 atau lebih 24 – 32 20 to 28
Club Riding / Centuries 24 – 32 20 – 28 sembarang
Club Racing / Racing 20 – 28 sembarang sembarang

 

Berat badan rata-rata (59 – 86 kg)

Jalanan kasar dan berbatu Jalanan cukup mulus Jalanan mulus
Loaded Touring 36 atau lebih 32 atau lebih 32
Touring / Sport riding 32 32 28 – 32
Club Riding / Centuries 28 – 32 24 – 32 20 – 28
Club Racing / Racing 24 – 28 20 – 28 sembarang

 

Berat badan di atas rata-rata (di atas 86 kg)

Jalanan kasar dan berbatu Jalanan cukup mulus Jalanan mulus
Loaded Touring Lebih dari 36 36 atau lebih 36
Touring / Sportriding 36 32 – 36 32 – 36
Club Riding / Centuries 32 32 32
Club Racing / Racing 32 24 – 32 24 – 32

Keterangan:

  • Loaded touring: perjalanan berhari-hari menggunakan sepeda dengan membawa beban yang berat.
  • Touring/Sport riding: perjalanan bersepeda jarak jauh tapi tak sampai membawa beban berat.
  • Club riding/Centuries: perjalanan bersepeda menempuh jarak sekitar 160,9 km (100 mil) dalam waktu 12 jam.
  • Club racing/Racing: balapan sepeda

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments