“Brakk!!” Beberapa saat kemudian saya mendapati diri tersungkur dibagian bawah sebuah sedan. Rasa perih mulai merayap dengan cepat di bagian telapak tangan dan lutut, darah mulai terbentuk di area yang perih tersebut.

Sambil menahan sakit, teringat kembali beberapa detik sebelum saya menabrak bagian belakang mobil sedan tersebut.Lampu lalu lintas menyala hijau, saya mulai mengayuh dengan kencang untuk mengimbangi laju kendaraan bermotor lainnya.

Sial! mobil didepan mendadak berhenti.

Kecelakaan bersepeda di perempatan jalan raya sering terjadi di sekitar Jabodetabek, entah karena kelalaian pesepeda atau kelalaian pengguna jalan lainnya. Kematian karena diseruduk kendaraan bermotor seperti mobil, truk dan motor di sekitar persimpangan jalan lumayan sering terjadi.

Lalu apakah semua pihak pasrah terhadap kondisi ini ? Apakah tidak ada win-win solution bagi para pesepeda dan pengguna jalan lainnya ?

Sebenarnya ada pilihan yang bisa jadi solusi untuk mengurangi jumlah kecelakaan pesepeda ketika melintasi persimpangan dan sudah diimplenteasi di negara kincir angin dan menyusul di Davis, California sebuah Kota di Amerika, namanya ‘Dutch Junction’.

dutch junction huffington

Dutch Junction adalah konsep sebuah persimpangan yang yang cukup baru bagi negara-negara di luar Belanda. Konsep persimpangan ini akan melindungi pesepeda yang akan melalui sebuah persimpangan. Apakah pesepeda akan berbelok kekiri, kekanan atau memilih arah lurus.

Kunci keberhasilan tipe persimpangan ini adalah adanya area atau sebut saja pulau kecil di tiap-tiap sudut persimpangan tersebut. Dengan adanya area tersebut, kendaraaan bermotor seperti mobil atau sepeda motor tidak akan mengambil jalur persiapan sepeda yang siap melakukan penyebrangan di persimpangan tersebut.
Bagi pesepeda, ia akan memliki area bindspot yang lebih kecil. Pesepeda akan memiliki area penglihatan dan pengamaran yang lebih luas untuk mengantisipasi kendaraan yang akan melintas.

Meskipun sederhana, Dutch Junction cukup efektif untuk meredam jumlah kecelakaan bersepeda di jalan-jalan kota.

Untuk lebih jelasnya sihkan simak Video berikut ini

Apakah ada Bapak atau Ibu Walikota yang tertarin menerapkan DUtch Juntion di Indonesia ?

Didit S.Banuardi.N

Work using bleeding edge technology solution, design thinking evangelist and digital marketing wrangler on daily basis. Use and love public transportation, night jogger and mountain bike warrior at weekend!

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments