Pedalku.com – Ketika liburan Lebaran, banyak dimanfaatkan runners untuk menggenjot latihan setelah selama Ramadhan lebih banyak absen berlari.

Apalagi bagi mereka yang sudah mendaftar race di bulan Juni dan Juli ini, seperti Sentul Hill Trail Run 2019, BNI Half Marathon, Milo Jakarta International 10 K, Run to Care, Pocari Sweat Run Bandung dll. Mau tidak mau setelah lebaran harus segera memulai latihan.

Eits… tapi tunggu dulu. Sebelum memulai “LebaRun” ada baiknya menyimak dulu tiga hal yang perlu diperhatikan dari Antonius Ismoyo Jati, seorang runner yang kerap menjadi tempat bertanya para Unpar Runners. Nah apa saja yang harus menjadi catatan?

1. Kesiapan Jantung

Setelah libur selama Ramadhan, kadang kita langsung genjot latihan. Apalagi bagi mereka yang mudik di kampung halaman, merasa mendapat trek lari yang bagus, udara yang relatif lebih segar, view yang indah, merangsang kita langsung long run dan latihan yang keras. 

“Padahal belum tentu jantung kita sudah siap dengan pola latihan yang langsung tancap gas,” kata MJ, panggilan Antonius Ismoyo Jati.

Menurut MJ, untuk latihan pertama cukup 30 menit. Berikutnya baru ditingkatkan sedikit demi sedikit.

Untuk mengontrol kerja jantung,tentu pemakaian sport watch agar bisa memonitor heart rate jantung kita sangat disarankan. 

2. Kemampuan Otot

Selain kemampuan jantung, kesiapan otot kita juga harus diperhatikan. Seperti diketahui, olahraga rutin membuat otot-otot menjadi lebih kuat. Nah, ketika latihan itu dihentikan, maka kekuatan pun kembali menurun.

MJ mengingatkan, latihan pertama setelah libur panjang bisa rawan cidera. “Itu sebabnya tidak boleh dipaksakan. Latihan harus bertahap.”

3. Kebugaran

Seperti diketahui selama Ramadhan dan Lebaran fisik kita cukup terkuras. Waktu tidur berkurang. Bahkan selama Lebaran banyak aktivitas kita untuk bersilaturahmi. Kebugaran juga harus pertimbangan jika akan memulai program latihan. Sebaiknya tidak memaksakan diri ketika fisik lemah dan kurang istirahat. 

Menurut MJ, seorang runners yang berhenti latihan saat Ramadhan perlu penyesuaian dan  baru bisa latihan dengan porsi normal dua minggu kemudian. 

Selamat BerlebaRun ya Runners. Tetap perhatikan alarm tubuh.   

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments