Netfit.id – Belakangan ini road bike atau harafiahnya sepeda jalan raya ramai diperbincangkan. Mulai dari kontroversinya tentang keberadaannya di jalan raya pada umumnya sampai kemunculannya di ajang sepeda ketahanan.

Meski identik dengan posisi bersepeda membungkuk, sejatinya road bike sekarang ini sudah meluas pemaknaannya. Tak perlu lagi mengerucut ke dropbar. Namun lebih ke ban kecil yang sangat efisien dan efektif melibas aspal. Menggunakan frame MTB sah-sah saja meski dari sisi aerodinamis kurang dibandingkan frame road bike.

Namun tak ada salahnya Netfitzen mengenal lebih dekat jenis sepeda jalan raya yang “asli”. Frame ramping, ban tipis, posisi membungkuk.

Jenis dari road bike berdasarkan kebutuhan pengguna ini bisa dibagi menjadi tiga jenis, yakni tipe competitive road, endurance road, dan universal.

Tipe pertama, dari namanya, competitive road merupakan jenis sepeda yang dirancang khusus untuk keperluan balapan. Ciri sepeda ini adalah bobotnya yang super ringan dan desain frame khusus yang bisa memaksimalkan kecepatan.

Tipe sepeda berikutnya adalah sepeda endurance road yang cocok dipakai untuk menempuh jarak jauh. Ciri sepeda tipe ini adalah adanya fitur yang bisa meminimalisir guncangan terutama ketika kamu perlu melintasi jalanan yang nggak rata. Ban sepeda ini terlihat ramping.

Berikutnya, tipe sepeda terakhir adalah road bike universal yang banyak disukai orang karena hampir semua kalangan bisa memakainya. Dari desainnya, sepeda tipe universal biasanya mengedepankan aspek multifungsi.

Untuk pesepeda rekreasi tentu lebih baik memilih yang universal saja. Yang penting sensasi kencangnya dapat. Ya kan?

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments