Netfit.id – Sebuah pelajaran hidup bisa dipetik dari Charly Bancarel. Kakek berusia 93 tahun itu menyelesaikan Paris Marathon yang berlangsung 2 April 2023 lalu dengan waktu 7 jam 22 menit 11 detik. “Hidup harus terus berlanjut. Kita enggak berhenti ketika kita menjadi tua, tetapi kita menjadi tua jika kita berhenti,” katanya seusai finis kepada France Television.

Bancarel seperti menyanggah semua pendapat mengenai “tua tak berdaya” dengan kalimatnya itu. Pelari tertua di Paris Marathon 2023 itu yang mungkin bisa menjadi ayah, kakek, bahkan kakek buyut dari peserta lainnya itu sangat berterima kasih kepada semua yang terus mendukung dan menyemangati perjuangannya. Luar biasanya juga, si Aki-aki itu bukan penamat terakhir di Paris Marathon. Dia berada di peringkat 50.769 dari 50.800 peserta.

Charly Bancarel. Warga Perancis berumur 93 tahun itu menyelesaikan Paris Marathon pada 2 April 2023. (Foto: newsinfrance.com)
Charly Bancarel. Warga Perancis berumur 93 tahun itu menyelesaikan Paris Marathon pada 2 April 2023. (Foto: newsinfrance.com)

Lebih menakjubkan lagi, warga Salers, Cantal Perancis itu bukanlah seorang olahragawan sejak lama. Mantan pengajar kursus nyetir itu baru mulai jogging pada usia 55 tahun. Namun sejak itu, dia telah menyelesaikan 10 kali maraton sebelum finis Paris Marathon 2023 yang merupakan maraton kesebelasnya.

“Terharu banget deh, Luar biasa, saya meneteskan air mata karena menerima begitu banyak dorongan, tepuk tangan. Luar biasa banget” katanya.

Dia tidak menyesal karena target finis dalam waktu 5 jam di Paris Marathon tidak berhasil dicapainya. Bancarel akan mencoba lagi pada maraton berikutnya. Setiap pagi, Bancarel berlatih lari belasan kilometer diselingi bersepeda sekitar 50 kilometeran.

Tiada ada batasan usia, untuk keren dan menjadi juara! ( newsinfrance.com)

"Abah" Agus Hermawan

Lebih dikenal dengan panggilan Abah USH, Agus Hermawan (++ Follow Me at Instagram - @abah_ush) yang lama menjadi jurnalis Kompas (1989-2019) adalah seorang penggiat luar ruang. Kesukannya mendaki gunung sejak muda, menjadikan olah tubuh sebagai kebutuhannya. Bersepeda dan lari menjadi pilihan kesenangannya mengisi hari. Sejumlah maraton sudah diselesaikannya, termasuk world majors marathon (WMM) Tokyo Marathon, Berlin Marathon dan Chicago Marathon.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments