Melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda tentu sangat menyenangkan. Tapi tidak semua orang mampu melakukan. Bukan hanya soal kemampuan fisik, mental, dan tentu dana tetapi juga terkendala masalah waktu. Apalagi bagi pehobi sepeda yang statusnya karyawan, tentu menjadi sebuah “kemewahan” bisa cuti berhari-hari untuk sebuah perjalanan dengan sepeda.

Namun bukan berarti mereka tak ada kesempatan. Light touring bisa jadi pilihan. Manfaatkan saja liburan akhir pekan. Touring ringan ini bisa berangkat Sabtu pagi dan kembali Minggu sore. Atau jika tak punya waktu dua hari full,  bisa sepedaan seharian. Yang penting pasang target jarak 80 sampai 100 km PP.

Light Touring bukan hanya untuk pesepeda kantoran. Tetapi bisa menjadi ajang latihan bagi yang belum pernah sekalipun melakukan perjalanan jarak jauh. Jika kita bisa melakukan touring ringan ini dengan baik, tentu akan menjadi modal untuk melakukan touring yang sebenarnya, perjalanan bersepeda berhari-hari. Cara ini juga bisa jadi pemanasan sekaligus latihan bagi yang merencanakan perjalanan jauh.

Yang kemudian jadi persoalan, di mana saja tujuan light touring di sekitar Jakarta? Saya punya lima pilihan tujuan light touring dari Jakarta. Mungkin Anda bisa menambahkan distinasi lain agar bisa sharing sesama pehobi sepeda. Silakan….

  1. Anyer. Trek:  Datar. Perlu waspada dengan kendaraan bermotor. Usahakan melewati Balaraja sebelum istirahat makan siang untuk menghindari bubaran pabrik.
  2. Gunung Bunder. Trek: datar, nanjak, turun. Ada dua pilihan. Bisa diselesaikan sehari bisa nginep atau nge-camp semalam di Gunung Bunder.
  3. Baduy. Kontur: datar, nanjak, dan rolling. Ada penginapan sekaligus tempat makan di pintu masuk Desa Baduy.
  4. Waduk Walahar, Karawang. Kontur: datar. Diselesaikan sehari. Ada restoran pepes terkenal di dekat waduk.
  5. Marunda.  Trek: datar cenderung turun karena ke arah pantai. Menyusuri BKT (Banjir Kanal Timur) hingga berujung di Marunda. Ada beberapa tempat yang bisa Anda explore di sekitar Marunda.

Cak KRIS

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Aktivitas ini sering dituangkan dalam tulisan, foto, video di sosial media, wesbite atau untuk kebutuhan cetak. Tujuan utamanya, hanya sebagai dokumentasi, agar terekam jejak digitalnya. Syukur-syukur bisa menjadi inspirasi atau malah bisa berbagi keberkahan. Salam Sehat.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments