Fit

Mengantuk Di Jalan Datar Nan Panas Calang – Meulaboh

Inilah etape bonus bagi peserta Jelajah Sepeda Sabang Padang. Setelah dihajar etape sejauh 159 km, etape dengan jarak hanya 90 km dengan kontur cenderung flat membuat kayuhan menjadi enteng ~ meski jalan tak semuanya mulus dan lebar. Etape 3 ini membawa peserta dari Calang menuju Meulaboh.

Walau dikenal sebagai etape bonus namun banyak peserta terlihat resah saat mengayuh. Masalah pantat dan badan pegal dari etape sebelumnya menjadi sumber keresahan peserta. Etape 3 ini dilepas oleh wakil Bupati di kompleks perkantoran Calang, kabupaten Aceh Jaya.

Seperti etape sebelumnya, sapi dan kerbau masih dijumpai di sepanjang jalan Calang – Meulaboh. Namun pemandangan sekitar mulai berubah. Bukan lagi pantai yang menyejukan atau hutan yang membikin mata adem, namun lahan gambut menjadi pemandangan yang menemani sebagian besar perjalanan.

Lahan gambut tersebut sebagian besar sudah dialihfungsikan menjadi lahan sawit. Alhasil ketika mendung menghilang, panas langsung menghadang. Ditambah dengan jalan rata maka beberapa peserta mengeluh terserang kantuk.

Tsunami memorial in Meulaboh. (Highlux Photo)

Pada etape 3 ini semula direncanakan makan siang di rumah makan, tetapi rencana tersebut berubah ke kantor Polres Arongan Lambalek Aceh Barat. Jarak yang pendek membuat makan siang bisa santai. Jadilah beberapa peserta tidur di warung tak jauh dari polres, memanfaatkan waktu untuk mengembalikan tenaga yang terkuras di 2 etape awal.

Meulaboh merupakan kota terdekat dari pusat gempa pada tahun 2004. Gempa tersebut menyebabkan gelombang tsunami yang maha dahsyat dan menyebabkan kehancuran serta meninggalnya sebagian besar penduduk kota Meulaboh. Pada peristiwa tersebut Meulaboh dikenal sebagai ground zero.

An awesome sunset from the beach at Meulaboh. (Highlux Photo)

Sesuai perkiraan peserta tiba di Hotel Meuligou di Jalan nasional, Meulaboh saat matahari masih benderang. Begitu sampai, hotel tempat menginap peserta jelajah tiba-tiba berubah menjadi mirip dengan kamp penampungan pengungsi. Jemuran pakaian terserak di setiap balkon kamar peserta. Apalagi panitia membagikan sabun cuci yang dimanfaatkan peserta untuk membersihkan jersey maupun pakaian yang dibawa. Explorasi kota Meulaboh pun segera dilakukan setelah selesai mencuci. Etape kuliner segera melengkapi jelajah sepeda. Kopi Aceh, mie Aceh serta martabak menjadi target peserta jelajah.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu