Fit

Satu Peserta Jelajah Sepeda Kompas 2014 ‘Gantung Sepeda’

Pedalku.com – Etape 2 Jelajah Sepeda Kompas 2014, Amurang – Lolak yang berjarak sekitar 114 km selesai dituntaskan para goweser, Selasa (19/8). Gowes hari kedua ini finish di markas Yon Armed 19, Lolak ~ salah satu kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Lantaran tak ada hotel yang memadai, para peserta bermalam di Aula Armed Lolak.

Tak seperti di etape pertama Manado – Amurang yang 60 persen berupa tanjakan,  rute etape 2  jelajah Sepeda Kompas 2014 ini sangat bervariasi. Bahkan para peserta harus mengayuh di jalanan rolling alias naik-turun  sepanjang 10 km. Tentu ini menjadi keasyikan sendiri bagi 49 peserta jelajah.

49 peserta? Ya. Di etape 2 ini ada satu peserta yang terpaksa dari start sampai finish ‘gantung sepeda’  lantaran kecelakaan saat di etape 1.  Taufik Amrullah, salah satu peserta  Jelajah Sepeda Kompas 2014 mengalami kecelakaan di jalan menurun sekitar 10 km menjelang Amurang.  Dugaan, peserta asal Malaysia ini terlalu antusias dengan menyalami anak-anak yang menyambutnya hingga tak sadar menekan tuas rem depan. Inilah yang membuat Taufik ~ atau dikenal dengan panggilan Pakcik ~ tersungkur.

Hingga etape 3  Lolak – Baroko dengan jarak 90 km, Pakcik masih menumpang di mobil evakuasi. Pria yang menjadi peserta Jelajah Sepeda Kompas 2014 karena menang undian saat Minang Bike ini harus menyembuhkan luka tangganya. “Kalau luka tangannya sudah kering, dia akan ikut gowes lagi,” kata Agung Hartanta, salah satu marshal.

Jelajah Sepeda Kompas 2014 yang start dari Manado dan finish di Makassar ini merupakan gelaran Kompas yang ke-6.

Tahun  2008 untuk pertama kalinya Harian Kompas menggelar Jelajah Sepeda  Anyer-Panarukan sejauh 1.100 kilometer yang sebagian peserta adalah atlet dan mantan atlet serta dari komunitas sepeda Kompas Gramedia Cyclist.  Dua tahun kemudian, digelar Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta yang berjarak 1.000 kilometer.

Pada gelaran kedua ini, Harian Kompas mulai melibatkan komunitas-komunitas sepeda di seluruh Indonesia. Lalu setahun berikutnya digelar Jelajah  Sepeda Jakarta-Palembang sejauh 810 kilometer. Kemudian Jelajah Sepeda Bali-Komodo sejauh 720 kilometer pada 2012 merupakan penyelenggaraan yang keempat. Jelajah Sepeda Sabang-Padang 2013 sejauh 1.593 kilometer.

Target Kompas selanjutnya yaitu jelajah sepeda hingga Merauke, Papua pada tahun 2015.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu