Fit

Aplikasi Navigasi untuk Touring Pedalis

pedalku.com – Bagi yang suka touring atau sekadar puter-puter kota, keberadaan peralatan navigasi sepertinya tak terelakkan. Apalagi di era narsis sekarang dan menjamurnya media sosial, menyebarkan jarak dan lokasi kayuhan seperti sebuah keharusan.

Beruntunglah saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk bernavigasi memanfaatkan GPS ponsel pintar. Baik ponsel bersistem operasi Android atau iOS. Baik aplikasi yang tak memerlukan koneksi internet, aplikasi yang bisa mengunggah peta ke dalamnya, aplikasi yang menyimpan jalur sepedaan kita, aplikasi yang dapat membuat rute untuk kita dan memandu langkah demi langkah dengan suara.

Aplikasi yang populer adalah Endomondo, sebelum banyak yang beralih ke Strava. Di luar itu ternyata banyak aplikasi yang layak coba. Kali ini pedalku merinci aplikasi navigasi yang tak perlu koneksi internet dalam menjalankannya.

Locus Map Pro (Android)

Locus memperoleh rating yang sangat bagus dari pengguna Android. Aplikasi ini dapat mengakses sangat banyak peta yang berbeda (termasuk terrain, cycling, hiking, skiing).

Rating Play Store: 4,8/5

OruxMaps Offline Maps (Android)

Orux biasanya dianggap sebagai applikasi peta berbasis Android terbaik karena gratis dan dilengkapi dengan fitur yang luar biasa. Pedalis bisa mengunggah bermacam-macam jenis peta, termasuk GPX. Bisa live tracking namun harus menggunakan koneksi internet. Enggak jadi offline dong …

Rating Play Store: 4,6/5

MapsMe Offline Maps (iOS/Android)

Tidak sebagus applikasi lain, atau secantik Google Maps, namun MapsMe menawarkan antarmuka yang oke dan dipaketkan dengan sejumlah informasi yang berguna dalam perjalanan seperti restoran, hotel, tempat berkemah, kantor polisi, dll. Petanya berasal dari OpenStreetMap (OSM) yang dikerjakan bersama-sama oleh ribuan orang. Peta per negara bisa diunduh gratis (besarnya antara 5 dan 500 MB).

Untuk mengimpor rute KML ke aplikasi, cek link berikut:

Rating AppStore: 4,5/5

MotionX GPS HD (iOS)

Ini merupakan salah satu aplikasi peta terbaik untuk sistem iOS. Peta toponya termasuk detail. Mudah digunakan untuk merencanakan, memandu, dan menyimpan peta perjalanan.

Rating AppStore: 4,5/5

CityMaps2Go Offline (iOS/Android)

Dengan membayat beberapa dolar, pedalis bisa mengunduh peta dari seluruh negara di dunia. peta itu disediakan oleh OpenStreetMap (OSM). Aplikasi ini sudah menyatu dengan informasi yang ada di Wikipedia dan WikiTravel.

Rating AppStore: 4,5/5

Pocket Earth Offline Maps (iOS)

Aplikasi yang memiliki rating tinggi dan bertenaga ini mampu mengimpor dan mengekspor file GPX, mengunduh peta (kota, wilayah, negara) untuk penggunaan offline, rute, navigasi, atau menyimpan jejak perjalanan. Sudah memasukkan sekitar 500.000 entri dari Wikipedia yang sangat berguna untuk turing pedalis.

Rating AppStore: 4,5/5

Backcountry Navigator Topo GPS (Android)

Aplikasi berbayar yang ngetop ini memiliki peta OpenStreetMap dan OpenCycleMap, sehingga memudahkan untuk mengimpor informasi GPX/KML atau koordinat GPS. Panduan untuk memakainya di sini:

Rating PlayStore: 4,5/5

Gaia GPS Topo and Trails (iOS/Android)

Aplikasi ini cocok jadi teman pedalis yang suka menjelajah daerah-daerah terpencil. Tentu setelah diisi peta topo, jalan, atau aerial. Kita juga bisa mengimpor/ekspor file GPX/KML melalui web, Dropbox, atau e-mail. Memang tidak murah harga aplikasi ini (AS$20), tapi setelah membelinya, semua peta sudah terunduh gratis dalam aplikasi.

Rating PlayStore: 4,3/5

About Author

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

Komentar Kamu