Pedalku.com – Negara Belanda tak hanya terkenal dengan sepakbolanya. Negara kincir angin itu terkenal juga sebagai negara yang ramah bagi pesepeda. Belanda memiliki lajur sepeda beribu-ribu kilometer panjangnya. Lajur sepeda di Belanda tak hanya sekadar ada, tapi ditata cukup apik dan nyaman bagi pesepeda.

Beberapa hari lalu, tepatnya Kamis (13/11/2014), lajur sepeda yang sangat indah sepanjang 1 kilometer di Eindhoven dibuka secara resmi. Lajur sepeda itu memiliki motif lukisan “Starry Night” karya Vincent Van Gogh ~ pelukis terkenal asal Belanda. Tak hanya motif lukisan “Starry Night” yang membuat lajur sepeda itu indah, tetapi teknologi glow-in-the-dark yang membuat lajur sepeda itu memukau pedalis yang melewati lajur itu di saat gelap.

Seniman Belanda bernama Daan Roosegaarde lah yang membuat lajur sepeda “Starry Night” yang memukau itu. Lajur sepeda yang diberi nama Van Gogh-Roosegaarde itu merupakan bagian kecil dari lajur sepeda Van Gogh Cycle Route di propinsi Brabant Utara, tempat kelahiran Van Gogh. Van Gogh Cycle Route memiliki panjang keseluruhan 335 km yang terbagi menjadi 5 bagian. Setiap bagian menghubungkan beberapa tempat warisan budaya Van Gogh.

“Saya ingin membuat suatu tempat di mana orang akan mendapatkan pengalaman tak ternilai melalui cara yang special, “ ujar Roosegaarde. “Sisi teknikal dipadukan dengan pengalaman, itulah arti techno-poetry bagi saya,” tambahnya.

van gogh-roosegaarde cycle path

Untuk mewujudkan idenya itu Roosegaarde bekerjasama dengan Heijmans Insfrastructure. Ribuan batu berkilau ~ berteknologi glow-in-the-dark dengan lampu LED bertenaga matahari ~ ditebar membentuk lukisan “ Starry Night”.

Pembukaan lajur sepeda Van Gogh-Roosegaarde itu sekaligus menandai dimulainya festival budaya yang akan diadakan pada tahun 2015 di tiga Negara; Belanda, Belgia dan Perancis. Festival budaya yang diberi nama Van Gogh 2015 itu diadakan untuk mengenang 125 tahun kematian pelukis Vincent Van Gogh (1853 – 1890).

 

Sumber : cnn.com, studioroosegaarde.net, nbcnews.com

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments