Pedalku.com – Pagi ini, bendera start tanda dimulainya Tambora Bike dikibaskan. Start yang direncanakan jam 06.30 WITA terpaksa diundur 10 menit. Penundaan itu karena panitia masih menunggu sekitar 30 peserta yang belum terlihat di garis start.

Kesempatan itu akhirnya digunakan oleh peserta untuk berfoto-ria serta melemaskan otot. Sebelum bendera start dikibaskan, panitia mengambil foto masing-masing peserta untuk sertifikat yang akan diserahkan setelah Tambora Bike berakhir.

Pendopo Mataram di Hotel Lombok Raya menjadi titik start Tambora Bike. Puluhan karyawan Toko Buku Gramedia menyambut peserta dengan riang dan ramah. Di garis start, terlihat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, serta Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Kedua Menteri tersebut ikut menggowes hingga 5 kilometer pertama.

Selain kedua Menteri, Gubernur NTB, Dr. K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A tentu tak ketinggalan. Ia terlihat dalam rombongan Tambora Bike.

Setelah 25 kilometer ~ di Pemepek, Lombok Tengah ~ Road Captain (RC) Marta Mufreni melakukan regrouping. Tak berapa lama, sekitar 30 kilometer dari garis start, peserta tiba di check point yang berada di Pendagi Kopang, Lombok Tengah. Awal-awal etape pertama ini peserta masih berada di dalam rombongan besar. Walau lalu lintasnya padat, namun udara sejuk menjadi suntikan energi bagi peserta. Ya, jalur yang dilalui hingga Lombok Tengah ini sangat rindang.

Dari Lombok Tengah, peserta masih akan menggowes 50 kilometer lagi di pulau Lombok, menuju pelabuhan Kayangan. Setelah berlabuh di Poto Tano, peserta melanjutkan perjalanan di pulau Sumbawa Besar hingga tiba di Utan, garis finish etape pertama. Total jarak tempuh untuk etape pertama ini adalah 126 kilometer.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments