pedalku.com – Etape enam Waru – Balikpapan menjadi etape pamungkas dan pelemas otot-otot yang dipaksa bekerja keras merayapi tanjakan di Pegunungan Meratus beberapa hari lalu. Jarak cuma 35 km, plus naik ferry.

Hari ini start dari Kabupaten Penajam Paser Utara. Rombongan berangkat bareng dari Hotel Ika, Petung. Jadi, yang dari Hotel Kalimantan, Penajam dijemput ke Hotel Ika.

Dari Hotel Ika rombongan bergerak ke Kabupaten, ke arah Hotel Kalimantan juga sebenarnya. Bolak-balik? Ya, itu hal yang wajar dilakukan pada jelajah di luar Pulau Jawa sebab akomodasi yang kurang mendukung. Makanya, ketika lewat penginapan yang barusan ditinggali kadang ada yang nyeletuk, “Yah, mending tadi nyegat di sini.”

Jalur yang dilalui ke Kabupaten rolling dengan tanjakan lumayan curam. Sekitar 9 km. Dari sini kemudian nanti ke pelabuhan, dan menyeberang ke Balikpapan menggunakan feri.

Ada dua komunitas lokal yang menemani rombongan jelajah. Kebetulan kedua komunitas itu memiliki wakil di JSBB kali ini. Yakni Ari Doger dari Ateam Balikpapan dan Hengky dari Balikpapan Cycling Community.

Hmmm … tak terasa JSBB akan segera berakhir.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments