Pedalku.com – Malam itu aku pulang lebih lambat dari biasanya. Jalan di samping kantor sudah mulai sepi. Ah…. ada berkahnya pulang agak larut.

Berjalan ke arah parkiran, udara dingin terasa sekali. Untunglah hari ini aku tak bersepeda ke kantor. Udara dingin pasti akan membuat hidungku meler setibanya di rumah.

Walau jalanan sepi, aku tak terpancing untuk memacu kencang mobilku. Cukup dibatas kecepatan normal karena di depan sana jalan agak gelap.

Sebenarnya lampu penerangan tersedia di jalan itu, tetapi karena rimbunnya pohon akasia di kiri-kanan jalan membuat penerangan menjadi kurang memadai. Kondisi itu sebenarnya sangat membahayakan pengguna jalan di malam hari.

Dan benar saja….. saat melalui jalan itu, tiba-tiba terlihat bayangan hitam bergerak pelan. Untung mataku masih awas. Mobil ku arahkan agak ke kanan, menghindar bayangan hitam yang ternyata seorang pedalis melaju di atas sepeda tanpa lampu belakang.

Wah…. Apa jadinya bila aku kurang awas……

Bersepeda, ber-bike to work melalui jalan raya tentu berbahaya. Apalagi fasilitas khusus sepeda masih minim.

Untuk mengurangi risiko itu, sepeda pedalis sebaiknya memenuhi persyaratan yang ditentukan. Sepeda seperti apa sih yang layak untuk ber-bike to work?

Traffic

Bila mengacu pada UU no 22 tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda digolongkan dalam kendaraan tidak bermotor. Dan syarat keselamatan itu antara lain sepeda pedalis wajib memiliki lampu dan pemantul cahaya.

Bagian Keenam
Kendaraan Tidak Bermotor
Pasal 61

(1) Setiap Kendaraan Tidak Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib memenuhi persyaratan keselamatan, meliputi:
a. persyaratan teknis; dan
b. persyaratan tata cara memuat barang.

(2) Persyaratan teknis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a sekurang-kurangnya meliputi:
a. konstruksi;
b. sistem kemudi;
c. sistem roda;
d. sistem rem;
e. lampu dan pemantul cahaya; dan
f. alat peringatan dengan bunyi.

Dengan lampu, pedalis akan lebih mudah terlihat pengguna jalan lainnya. Mereka pun akan menyadari keberadaan pedalis sehingga akan berhati-hati saat melewati pedalis. Penggunaan kaos atau jersey dengan warna cerah juga akan membantu keberadaan pedalis.

Lampu sepeda tak ada salahnya dinyalakan juga saat ber-bike to work di siang hari. Kelap-kelip lampu sepeda akan menarik perhatian.

Yuk… pakaiin lampu sepeda kita. Biar kelihatan dan menjadi pusat perhatian saat ber-bike to work.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments