Fit

SONGO-G: Petualangan Sembilan Gunung

Pedalku.com – SONGO-G berasal dari kata songo yang dalam bahasa Jawa berarti sembilan dan G sendiri adalah kependekan dari kata gunung. SONGO-G adalah sebuah petualangan melewati 9 gunung tinggi di Jawa Timur dengan mengendarai sepeda gunung.

SONGO-G merupakan penyelenggaraan ketiga setelah sebelumnya pada tahun 2015 dengan 4G-LTE, petualangan 4 gunung di Jawa Barat, dan 7G (petualangan 7 gunung di Jawa Tengah) di tahun 2016. Pada tahun 2017 ini petualangan 9 gunung di Jawa Timur akan ditempuh selama 5 hari dari tanggal 26 – 30 Maret 2017. Total elevasi yang akan ditempuh pedalis sekitar 13.300m dengan jarak tempuh total sekitar 400km. SONGO-G akan diikuti oleh 24 pedalis, 2 diantaranya warga Singapura.

Sembilan gunung yang akan dilalui adalah :

  • Gunung Arjuno Gunung, gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl).
  • Gunung Welirang. Sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 mdpl yang berada di perbatasan kota Batu dan dan kabupaten Mojokerto. Kawasan gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.
  • Gunung Butak. Memiliki ketinggian 2.868 mdpl, gunung Butak berdekatan dengan Gunung Kawi.
  • Gunung Kawi, sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Malang, cukup dikenal sebagai tempat ziarah pesarean. Gunung Kawi mempunyai ketinggian 2.551 mdpl.
  • Gunung Kelud, merupakan sebuah gunung berapi paling aktif di Indonesia, terhitung sudah meletus lebih 30 kali dan terakhir meletus di tahun 2014.
  • Gunung Semeru. Gunung tertinggi di pulau Jawa dengan tinggi puncak 3.676 mdpl, gunung ini juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah gunung Kerinci di Sumatra dan gunung Rinjani di NTT.
  • Gunung Bromo. Salah satu gunung paling populer dengan berbagai macam obyek wisatanya dengan ketinggian 2.329 mdpl. Bromo juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.
  • Gunung Kembar I & Gunung Kembar II. Gunung Kembar I adalah gunung yang terletak di Jawa Timur dengan ketinggian 3.037 mdpl. Terletak pada punggungan yang sama dengan Gunung Kembar I, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Sedangkan gunung Kembar II memiliki ketinggian 3.113 mdpl.

Menikmati keindahan alam Indonesia khususnya alam Jawa Timur menjadi salah satu visi dalam SONGO-G selain memperkenalkan keindahan alam Indonesia melalui olahraga sepeda gunung.

Memandang lebih jauh lagi ke depan, visi yang ingin oleh K Night sebagai penyelenggara SONGO-G adalah menjadikan Indonesia sebagai destinasi Endurance Mountain Biking baik lokal maupun internasional yang nantinya diharapkan dapat setara dengan event ABSA Cape Epic di Afrika Selatan.

 

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu