Sepeda bambu? Mengapa tidak. Itulah mungkin yang ada di pikiran 2 orang sahabat asal Neglasari, Bandung Barat ~ Abah dan Gun Gun Gunawan, saat pertama kali mencoba membuat sepeda bambu. Entah sudah berapa banyak sepeda bambu yang berhasil dikerjakan oleh keduanya. Haur Bike, begitulah merk yang mereka usung untuk sepeda bambu buatan Neglasari.

Untuk memproduksi sepeda bambu tersebut, Abah menyulap ruang tamu kecil menjadi workshop mereka. Berbagai peralatan sederhana juga digunakan untuk membuat sepeda bambu. Haur bike tak sepenuhnya menggunakan bambu memang; untuk drop out, head tube, dudukan bottom bracket serta ujung seat post tetap menggunakan logam berupa duralium ~ material logam yang digunakan industri pesawat terbang. Haur Bike mulai membuat sepeda bambu sejak Februari 2010.

Bahan dasar utama Haur Bike tidak menggunakan sembarang bambu tetapi bambu emas atau phyllostachys aurea bamboo. Phyllostachys aurea bamboo terkenal sangat baik untuk digunakan sebagai pipa bambu. Di Amerika jenis bambu ini juga sangat banyak dibudidayakan karena menarik digunakan sebagai tanaman hias. Jenis bambu ini berasal dari Fujian serta Zheijang, China.

Dalam proses pembuatannya, bambu yang telah dipotong sesuai panjang yang dibutuhkan dipanaskan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air serta memperkuat struktur bambu. Pemanasan ini dilakukan oleh Gun Gun menggunakan alat yang biasa terlihat pada tukang las serta elpiji 3 kilo sebagai bahan bakarnya. Setelah melalui proses pemanasan, batang bambu disambung menggunakan tali rami.

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Haur Bike [Putu Sayoga - Getty Images]

Kekuatan bambu sebagai bahan utama frame tentu tidak diragukan. Dari segi berat, frame Haur Bike diklaim memiliki berat 1,8 – 2,5 kg. Tetapi bagaimana dengan kenyamanannya? Menarik untuk dicoba.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

3 comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments