pedalku.com – Etape ketiga yang menempuh jarak dari Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menuju Batu Kajang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, sejauh 112 kilometer benar-benar menguras stamina peserta Jelajah Sepeda Banjarmasin – Balikpapan.

Hampir sepanjang jalan Trans-Kalimantan di wilayah Tabalong hingga perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, tanjakan dan turunan sambung-menyambung. Medan itu pun cukup menguras stamina pesepeda, ditambah lagi dengan cuaca cukup terik dengan suhu udara menembus 30 derajat celsius.

Pepohonan, terutama karet di kiri dan kanan jalan, tak cukup mampu meredam panas.

“Medan pada etape ketiga hari ini lebih berat dibandingkan dengan dua etape sebelumnya. Jalanan yang menanjak dan menurun, ditambah dengan cuaca panas, benar-benar menguras energi,” kata Budiman Setiono (Om Budiman), peserta dari komunitas B2W Bandung, saat rombongan beristirahat di Desa Wirang, Kecamatan Haruai, Tabalong.

Karena kemampuan peserta yang sangat beragam sehingga akan makan banyak waktu jika harus berombongan, maka peserta pun dipecah menjadi beberapa kelompok. Kelompok pertama yang berada di depan terdiri atas 10 peserta sekitar pukul 18.00 WITA tadi sudah sampai di Km 118.

Wah, sebentar lagi sampai dong ….

(foto: print.kompas.com)

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments