pedalku.com – Hari ini acara Srikandi Inspirasi bagi Negeri jilid 5 masih bebas. Setelah menyetel sepeda dan menjajalnya sehingga enak digowes, beberapa Srikandi mencoba melihat-lihat tenun khas Bima, Nusa Tenggara Barat. Kebetulan mereka menginap di Hotel Mutmainnah yang merangkap sebagai Pusat Oleh-oleh Khas Bima.

Kain tenun Bima memiliki motif dan corak yang beraneka ragam. Kain tenun ini disebut kain tenun Mbojo. Kain tenun Bima atau Mbojo telah dikenal sejak kerajaan Bima saat itu, yakni kerajaan Dompu. Kerajaan Dompu merupakan kerajaan islam tersohor di bagian timur Nusantara. Oleh karena itu, kain tenun Mbojo tidak pernah lepas dari perkembangan Islam saat itu.

Kain Mbojo yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dijadikan komoditas yang sangat penting dan oleh pedagang Mbojo, kain tenun ini diperjualbelikan. Para pedagang Mbojo memperjualbelikan kain tenun Bima hingga ke negara Cina. Pada abad ke-16, para pedagang Mbojo memiliki peran aktif dalam memperluas perdagangan ke Maluku, Jawa, Malaka hingga ke Cina.

Bagaimana keindahan kain tenun Bima ini? Silakan lihat pada foto berikut yang dijepret salah seorang Srikandi.

IMG-20150604-WA0019

IMG-20150604-WA0018

IMG-20150604-WA0015

Kontributor Netfit.id

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai sports, lifestyle and happiness? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain.

Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments