Pedalku.com – Apa yang terlintas di benak Pedalis ketika mendengar kata “monster bike”? Tentu kebanyakan  sepeda motor dengan ban yang ekstrim besarnya.

Ya, kata monster bila dikaitkan dengan alat transportasi memang selalu berkonotasi dengan ban yang super besar, seperti monster car atau monster truck.

Lalu bagaimana jika kata monster itu disandingkan dengan bike dalam arti sepeda? Jadinya bukan sepeda sekadar fat bike yang beberapa tahun belakangan ini sering muncul saat Car Free Day, tetapi sebuah sepeda yang dirancang khusus dengan mengunakan ban traktor. Ya, benar.. ban traktor.

Inilah kreasi dari Wouter Van Den Bosch, seorang mantan teknisi asal Belanda. Sepeda yang dirancang selama enam bulan ini dijuluki monster bike paling brutal di dunia.

Kreasi Van Den Bosch memang layak mendapat julukan tersebut. Ban depan sepeda ini memakai ban traktor yang merupakan sumbangan dari sebuah perusahaan traktor di negaranya.

Ia juga harus memutar otak untuk merancang proyek sepeda sensasi ini agar bisa dikendarai. Banyak komponen yang merupakan sumbangan dari teman-temannya yang berubah fungsi. Seperti gear belakang sepeda motor yang justru dipasang di ban depan.

Soal mengubah fungsi dan model komponen memang menjadi keahlian Van Den Bosch. Sudah beberapa tahun belakangan ini kerjaannya melakukan mechanical mutation, mengubah fungsi desain dari sebuah alat atau komponen. Bahkan ia pernah menggelar pameran untuk karyanya ini. Monster Bike ini memang salah satu karya terbaiknya yang pernah dipajang di galeri seni dan menjadi tugas akhir yang mengantarkan Van Den Bosch menjadi seorang sarjana beberapa tahun lalu.

Meski sepeda ini sering digowes Van Den Bosch di seputar tempat tinggalnya di Arnhem, Belanda tapi monster bike ini belum dapat izin menggelinding di jalan raya. Namun hal itu baginya bukan masalah. Ia menciptakan ini bukan untuk diproduksi massal, tetapi untuk mencari sensasi dan bikin terpana orang-orang yang melihatnya.

Bukan hanya soal sensasi, rupanya pihak Guinness World Records mencium kreasi Van Den Bosch yang banyak dilihat di laman Youtube ini.  Ia pun diganjar penghargaan dari museum record dunia sebagai pemegang piagam sepeda paling berat di dunia yang bobotnya mencapai 750 kg!

Ada yang terinspirasi untuk berkreasi?

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments