Pedalku.com – Touring sepeda selama ini identik dengan menikmati dan menyelami budaya dan kekayaan alam daerah yang dilewati.

Namun delapan pria asal Inggris ini melakukan touring sepeda sejauh lebih dari 3.500 km untuk misi yang mulia. Selain menjalankan rukun Islam kelima, mereka juga menggalang dana untuk para korban perang di Suria.

Perjalanan dari London menuju Mekah, Arab Saudi ini dimulai selepas Salat Jumat (14/7) kemarin. Perjalanan ini  rencana akan ditempuh selama lima pekan, melewati 10 negara dan harus tiga kali melakukan penyeberangan yakni dari Inggris ke Prancis, Italia ke Yunani, dan Mesir ke Arab Saudi.

Delapan pria yang akan melakukan touring sepeda dari London ke Mekah ini adalah hasil seleksi dari 40 pendaftar. “Kami perlu seleksi karena ini perjalanan bukan hanya berat tapi juga perlu kekompakan. Pasti akan banyak kendala selama di perjalanan,” jelas Abdul Wahid, Ketua Rombongan Hajj Ride. Hajj Ride adalah istilah yang dipakai mereka untuk perjalanan sepeda ke Tanah Suci ini.

Sudah kebayang beratnya perjalanan ini. Apalagi mereka tak akan menginap di hotel bintang tapi cukup membuka tenda. Meski demikian, kedelapan pria ini tampak semangat dan antusias.

Apalagi ada misi suci di balik perjalanan panjang ini. Selama perjalanan mereka akan mencari sumbangan untuk para anak-anak dan warga korban perang di Suria.

Dana sumbangan ini ditargetkan terkumpul sebanyak satu juta poundsterling atau jika dirupiahkan sekitar Rp17 miliar. Rencana uang sebanyak itu untuk membeli obat dan peralatan kesehatan.

Selain berhaji sambil berbagi, Hajj Ride ini juga ingin mengembalikan semangat haji yang dulu dilakukan Nabi Muhammad SAW.  “Dulu pergi haji kan, harus dilakukan berbulan-bulan bahkan bisa bertahun-tahun lantaran belum adanya alat transportasi yang modern seperti sekarang ini,” tandas Wahid.

 

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments