Pedalku.com – Pemandangan anak-anak dibawah umur berseliweran di jalan raya membuat miris. Bahkan belakangan ini kita kerap menyaksikan banyak anak-anak SMP berangkat sekolah mengendarai sepeda motor. Mereka mengakali dengan memarkir motor di luar area sekolah.

Keprihatinan ini yang membuat Pemkot Blitar, Jawa Timur berencana membagikan ribuan sepeda bagi para pelajar SMP di Blitar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, M Sidik berharap, diajaran tahun baru ini program pemberian sepeda untuk pelajar SMP sudah dimulai.

Pasalnya, rencana ini sebenarnya sudah dirancang sejak tahun lalu. Bahkan Pemkot Blitar sudah mengangarkan Rp 11 M untuk membeli ribuan sepeda. Nah bila harga satuan sepeda misalnya Rp 1 juta, maka akan ada 11 ribu sepeda yang dibagikan.

Bukan hanya Sidik, bulan lalu Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar juga mengatakan pemberian sepeda gratis untuk siswa SMP akan terealisasi dalam dua bulan ke depan. Sepeda ini, lanjut Samanhudi akan diberikan kepada siswa kelas 7 dan 8.

Tapi nada-nadanya pelaksanaan pembagian sepeda gratis ini belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Program ini terkendala soal belum adanya pihak yang mengajukan penawaran lelang. Sudah dilakukan tiga kali lelang tapi gagal terus. Saat ini, kata Sidik, sudah masuk lelang lagi. “Kami masih menunggu hasilnya.”

“Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi. Sudah tiga kali proses lelangnya gagal karena tidak ada rekanan yang sanggup menyiapkan ribuan sepeda,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, M Sidik, Rabu (12/7/2017). Rencana pemberian sepeda gratis ke siswa SMP itu sudah digaungkan sejak awal 2016.

Padahal sejak program ini dicanangkan, bukan hanya Diknas Kota Blitar yang sibuk, tetapi pihak sekolah pun sudah menyiapkan lahan parkir.

Kepala SMPN 3 Kota Blitar, Achmad Nachrowi mengatakan akan memaksimalkan lahan yang ada di sekolah untuk areal parkir sepeda siswa. “Kami memaksimalkan lahan yang ada untuk parkir sepeda siswa. Insya Allah (lahannya) cukup,” katanya kepada Surya.co.id.

Tak hanya sekolah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar juga sudah menyiapkan jalur sepeda yang berada di beberapa ruas jalan di tengah kota. Lebar jalur sepeda ini 2 meter yang ditandai dengan garis putih.

Hanya saja, Plt Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono berharap pemakaian sepeda sebagai moda trnasportasi ke sekolah ini dilakukan bergiliran di tiap sekolah. “Kalau tidak dijadwal kami khawatir malah terjadi kemacetan.”

Pasalnya untuk moda transportasi ke sekolah ini, pihaknya juga mendorong para siswa SMP ini naik bus sekolah gratis. Saat ini pihaknya sudah menyiapkan tujuh armada bus sekolah gratis.

Program pembagian sepeda gratis kepada para siswa ini dulu juga pernah dilakukan oleh komunitas Bike to Work Indonesia yang mengandeng UI dan Polygon. Tujuannya memang untuk memasyarakatkan sepeda sebagai sarana bike to school.

Ya.. apapun pilihannya naik bus atau sepeda, merupakan pilihan yang baik semua. Asal tidak naik motor!

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments