Jakarta, Netfit – Bersamaan dengan pembukaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (CFD) untuk pertama kalinya, setelah ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi, Maybank Marathon 2022 menggelar kegiatan Road to Maybank Marathon yang diikuti sejumlah pelari dari berbagai komunitas pada hari Minggu (22 Mei 2022). Selain coaching clinic, sebanyak 35 pacer (pemandu kecepatan pelari) juga diperkenalkan dalam kesempatan tersebut, yang berlangsung di kawasan GBK Senayan hingga area CFD Jakarta Sudirman, Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia.

                Minggu pagi kemarin, kawasan Thamrin- Sudirman Jakarta Pusat kembali diramaikan oleh masyarakat yang rindu untuk olahraga bersama. Berbagai komunitas lari hingga sepeda, hingga mereka yang berolahraga pagi kembali memenuhi kawasan tersebut. Selain Maybank Marathon 2022, sejumlah event pun menggelar acara “road to” pada hari Minggu kemarin.

                Menurut penyelenggara,  kick off kegiatan Road to Maybank Marathon di Kawasan GBK Senayan Jakarta, sebagai wadah bagi pelari untuk mempersiapkan diri secara fisik sebelum mengikuti  lomba lari Maybank Marathon 2022 pada 28 Agustus 2022 di Bali. 

Kegiatan Road to Maybank Marathon menghadirkan serangkaian program pelatihan dan sharing pengetahuan yang akan berlangsung selama 12 pekan sejak 22 Mei sampai dengan pekan pertama Agustus 2022, menjelang penyelenggaraan Maybank Marathon 2022. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari program latihan lari mulai dari sesi lari pemanasan hingga lari berjarak jauh (long run), running clinic, pengaturan asupan nutrisi dan waktu istirahat. 

“Sebagai ajang lari elite label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia, kami menerapkan standar internasional pada penyelenggaraan ajang lari Maybank Marathon,” kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana. Salah satunya dengan mengajak peserta lari untuk tetap memperhatikan pentingnya berlatih dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum mengikuti lomba lari Maybank Marathon melalui rangkaian kegiatan Road to Maybank Marathon 2022. Seperti pada penyelenggaraan Maybank Marathon di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Road to Maybank Marathon merupakan kegiatan yang esensial untuk diikuti peserta lari, mengedepankan unsur kesehatan dan keselamatan para pelari.

Rangkaian kegiatan Road to Maybank Marathon melibatkan para pelatih lari (coach) yang berpengalaman, dokter dan pakar di bidang sport recovery & mobility. Selain di Jakarta, kegiatan Road to Maybank Marathon juga akan digelar di kota-kota besar di Indonesia yaitu di Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan Bali, melibatkan total 25 komunitas lari dari kota-kota tersebut. Di Jakarta kemarin, coach Agung Gantar memberikan beberapa tips kepada peserta mengenai persiapan bagi para pelari maraton. Agung antara lain mengatakan, untuk pertama kali mengikuti event maraton setelah pasca pandemi para pelari dianjurkan untuk berlatih akan tetapi tidak perlu terlalu ngotot untuk mendapatkan catatan waktu terbaik.

35 Orang Pacer

Dalam acara kick off Road to Maybank Marathon, Maybank Indonesia juga memperkenalkan 35 pacer Maybank Marathon 2022 yang akan bertugas dalam memandu dan menjaga pace para pelari Maybank Marathon agar dapat mencapai waktu Finish yang ditargetkan. Seluruh  pacer akan dibekali dengan pengetahuan akan prosedur First Aid untuk menangani kondisi darurat jika diperlukan dalam Maybank Marathon 2022.  

Maybank Marathon 2022 akan diselenggarakan pada 28 Agustus 2022 mendatang dengan lokasi start di Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali. Tahun ini, penyelenggaraan Maybank Marathon masih dalam semangat memperingati satu dekade keberadaan ajang lomba lari tersebut sejak diperkenalkan pada 2012. Maybank Marathon merupakan satu-satunya event marathon di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi dari Badan Atletik Dunia, World Athletics, atau sebelumnya dikenal dengan sebutan International Association of Athletics Federations (“IAAF”). Pada tahun 2020, Maybank Marathon menjadi event marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan ‘Elite Label’ dari World Athletics. Selain itu, Maybank Marathon juga merupakan satu-satunya event marathon di tanah air yang masuk dalam kalender World Athletics dan Association of International Marathons and Distance Races (“AIMS”) dalam kategori major ‘road running’ event.

“Harapan kami, rangkaian kegiatan Road to Maybank Marathon dapat memberikan bekal dan insights bagi rekan-rekan pelari dalam mempersiapkan diri agar dapat menyelesaikan lomba lari dengan tetap dalam kondisi sehat serta dapat meraih personal best dari masing-masing peserta lari.” Ujar Widya. (*)

"Abah" Agus Hermawan

Lebih dikenal dengan panggilan Abah USH, Agus Hermawan (++ Follow Me at Instagram - @abah_ush) yang lama menjadi jurnalis Kompas (1989-2019) adalah seorang penggiat luar ruang. Kesukannya mendaki gunung sejak muda, menjadikan olah tubuh sebagai kebutuhannya. Bersepeda dan lari menjadi pilihan kesenangannya mengisi hari. Sejumlah maraton sudah diselesaikannya, termasuk world majors marathon (WMM) Tokyo Marathon, Berlin Marathon dan Chicago Marathon.

View all posts

Add comment

Komentar Kamu