Jatinangor, Netfit.id – Setelah sukses diselenggarakan sejak tahun 2015, lomba lari trail Manglayang Trail Running (MTR) yang tahun ini kembali digelar menjadi istimewa karena menjadi rangkaian Lustrum XIII atau Dies ke-65 Universitas Padjadjaran (Unpad). Unpad MTR akan berlangsung 4 September 2022 mendatang, dengan target peserta 1.500 orang. Selain memperlombakan kategori 42 kilometer dan 21 kilometer, Unpad MTR tahun ini menyediakan kategori fun trail 10 km dan 5 km untuk mereka yang mulai berlari atau mencoba berlari di lintasan trail, dengan lintasan yang relatif ramah untuk pemula

“Kegiatan Unpad MTR 2022 ini melibatkan masyarakat dan sivitas akademika Universitas Padjadjaran,” kata Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE, beberapa waktu lalu. Selain bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran, serta memeriahkan peringatan Lustrum XIII Unpad, sebagai bagian dari sport tourism, Unpad MTR akan berdampak pada sektor pariwisata dan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar Kampus Unpad di Jatinangor, Sumedang, tempat kegiatan tersebut akan berlangsung.

Menurut Rina, Unpad MTR juga menjadi simbol “Unpad Berlari”; yang melambangkan tekad Unpad untuk terus bergerak lebih baik ke depan menjadi kampus bermanfaat dan mendunia. Saat ini Unpad termasuk ke dalam sembilan perguruan tinggi Indonesia yang tembus masuk pemeringkatan universitas terbaik dunia THE WUR, dan juga mengalami peningkatan dalam pemeringkatan QS Word University Rankings (WUR) serta QS Asia University Rankings (AUR). Hal ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus bukti semangat Unpad untuk bergerak di kancah dunia internasional dengan berbagai aktivitasnya. “Semoga Unpad MTR mendapat dukungan dari berbagai pihak, sehingga dapat terlaksana dan menjadi pendorong semangat kita semua untuk bergerak dan berlari menjadi insan yang bermanfaat bagi sesame,” ujar Rina.

Satu Pelari, Satu Pohon

Unpad MTR dikenal unik karena selain berlari di lintasan trail yang aman dan nyaman, setiap pelari juga mengikuti dari program “Satu Pelari, Satu Pohon”. Pohon-pohon tersebut akan ditanam di sekitar kawasan Gunung Manglayang maupun Kampus Universitas Padjajaran. “Para pelari trail tentu mereka yang bersahabat dengan alam. Mereka berkewajiban menjaga dan melestarikan lingkungan. Program satu pelari, satu pohon ini menjadi komitmen Unpad MTR untuk terus menghijaukan alam,” kata Ketua Panitia Unpad MTR 2022 Juston Pangaribuan. 

Unpad MTR yang dari tahun lalu ditangani race management IdeaRun, merupakan hajatan lari trail yang diselenggarakan oleh Yayasan Palawa Indonesia dan UKM Palawa Unpad, unit kegiatan pencinta alam mahasiswa Unpad.

Gunung Manglayang dengan ketinggian 1818 mdpl ini ibarat “halaman belakang” Kampus Universitas Padjadjaran. Gunung cantik bertipe bertipe stratavolkano terletak di antara Bandung dan Sumedang  ini merupakan bagian rangkaian gunung yang melingkung Bandung yakni Burangrang-Tangkuban Parahu dan Bukit Tunggul. Pendaki dan pelari trail bisa menggapai puncaknya dari pos Barubeureum atau Batukuda. 

Lintasannya yang lengkap, tanjakan turunan dengan tutupan hutan pinus dengan lokasi gampang terjangkau menjadi gunung favorit para pelari trail Bandung dan sekitarnya untuk berlatih. Gunung ini juga dikenal memiliki dua puncak yakni Puncak Bayangan dan Puncak Manglayang. Mereka yang mendaki dari Barubeureum akan tiba di Puncak Bayangan dulu sebelum ke Puncak Manglayang. Lintasan lebih terjal dan licin karena bebatuan.

“Kalau mau lomba trail di mana pun, berlatihlah di Gunung Manglayang. Lintasannya lengkap, treknya luar biasa dengan pemandangan yang indah pisan,” kata Arief Wismoyono, pelari trail asal Bandung dari Manglayang Academia.

Para pelari yang ingin bergabung dan ikut serta dalam event Unpad MTR bisa mendapatkan informasi lengkap di https://manglayangtrailrunning.com/ atau hubungi Dini (0819-0633-3279).  

"Abah" Agus Hermawan

Lebih dikenal dengan panggilan Abah USH, Agus Hermawan (++ Follow Me at Instagram - @abah_ush) yang lama menjadi jurnalis Kompas (1989-2019) adalah seorang penggiat luar ruang. Kesukannya mendaki gunung sejak muda, menjadikan olah tubuh sebagai kebutuhannya. Bersepeda dan lari menjadi pilihan kesenangannya mengisi hari. Sejumlah maraton sudah diselesaikannya, termasuk world majors marathon (WMM) Tokyo Marathon, Berlin Marathon dan Chicago Marathon.

View all posts

Add comment

Komentar Kamu